Pembelajaran Membaca Huruf Hijaiyah Siswa Tunarungu dengan Bantuan Media Kubus Hihaiyah
Abstract
Saat studi pendahuluan ditemukan belum tersedia media pembelajaran dalam membaca huruf hijaiyah. Sehingga peneliti mengembangkan KUBAH (Kubus Hijaiyah). Tujuan penelitian pengembangan yaitu menghasilkan media pembelajaran KUBAH yang valid dimanfaatkan bagi siswa tunarungu kelas VIII dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini, menggunakan model pengembangan Research and Development Borg dan Gall. Hasil dari ahli materi diperoleh skor 95 %, ahli media 100 %, ahli praktisi 93 %, dan untuk audien 81 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sangat valid dan secara kuantitatif dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah KUBAH diharapkan lebih variatif dan subjek diharapkan lebih luas lagi.
When preliminary study found is not yet available learning media in learning to read letters hijaiyah. So that researcher research will developing KUBAH (Kubus Hijaiyah). This research was aimed at developing the KUBAH media was valid, can be utilized for hearing impairment students of class VIII in learning to read the letters hijaiyah. The research result from material expert was obtained score 95 %, media expert 100 % , practitioner expert 93 % , and for user candidate 81 %. The conclusion of this research was theoretically very valid and can improve learning outcomes. Suggestions from this research are KUBAH expected to be varied and the subject expected more large.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sadiman, A. S., dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Zuchdi, D. & Budiasih. (1996). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Efendi, Mohammad. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p86-91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats