Pengembangan Kamus Bahasa Inggris Bergambar bagi Anak Tunarungu di SMALB

Bunga Lailatul Rizki

Abstract


Anak tunarungu mengalami kendala dalam menguasai bahasa inggris, khususnya dalam penguasaan kosa kata. Anak tunarungu memerlukan media visualisasi. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan Kamus Bahasa Inggris Bergambar dalam Pembelajaran keterampilan bagi anak tunarungu kelas X di SMALB-X Malang. Pengambangan Kamus bahasa inggris bergambar ini mengadaptasi langkah-langkah model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap. Hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 94,5%, ahli media 97,2%, ahli praktisi 94%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah kamus bahasa inggris bergambar ini tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa inggris.

The hearing impairment students have a hard time of mastering English language especially in vocabulary mastery, so that, they need visual media. The objective of the research was Developing an English Pictorial Dictionary in the skill learning for Students with Hearing Impairment of X Grade in SMALB-X Malang. Borg & Gall design consisting of 10 steps were adapted in this study. The result showed that the score was 94,5%, media expertise score was 97,2%, practical expertise was 94%. The conclusion of this research and development was that the English Pictorial dictionary made for skill lesrning could be categorized as a proper media to be applied in English class.


Keywords


Kamus Bahasa Inggris Bergambar; Pembelajaran Keterampilan; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aswar, A. (2012). Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris Mahasiswa Tunarungu Melalui Media Kartu Kata (Flash Card). E-JUPEKhu, 1(1).

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: BumiAksara.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Phythian, B.A. (2012). Correct English: Pedoman Belajar Bahasa Inggris.Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, IGAK, dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Wasita, A. (2013). Seluk Beluk Tunarungu & Tunawicara serta Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats