Implementasi Treatment and Education of Autistic and Realted Communicationhandicapped Children (TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak Down Syndrome
Abstract
Anak down syndrome memiliki perkembangan kognitif yang menunjukkan adanya hambatan intelektual. Salah satu karakteristiknya yaitu rendahnya kemampuan bina diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode TEACCH terhadap kemampuan bina diri memakai baju siswa down syndrome. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis SSR dengan desain A-B-A’. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa intervensi menggunakan metode TEACCH dapat membentuk kemampuan bina diri memakai baju siswa down syndrome. Kata
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bolagh, R., Zahednezhad, H., & Vosoughillkhchi, S. (2013). The Effectiveness of Treatment Education Methods in Children with Autism Disorders. 3rd World Conference on Psychology, Counselling and Guidance, http://www.sciencedirect.com/ DSAWM. (2010). Supporting the Student with Down Syndrome in Your Classroom. DSAWM Educator Manual, http://www.kcdsg.org/ GHR. (2019). Your Guide to Understanding Genetics Conditions, https://ghr.nlm.nih.gov/condition/ down-syndrome Gunarhadi. (2005). Penanganan Anak Sindroma Down dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. Handojo, Y. (2009). Autisme Pada Anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer. Meinapuri, M. (2013). Polimorfisme Gen Apolipoprotein E pada Penderita Sindrom Down Trisomi 21. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 2, No. 1, http://jurnal.fk.unand.ac.id/ Mesibov, G., & Shea, V. (2009). The TEACCH Program in the Era of Evidence-based Practice. Journal of Autism and Developmental Disorders, http://interactingwithautism.com/
Shenai, N. G. (2014). Development of Self Care Skills Scale for Children with Developmental Disorders: A Pilot Study. The Indian Journal of Occupational Therapy, Vol. 46, No. 1, http://medind.nic.in/ Spivey, B., L. (2006). What Is Down Syndrome? Super Duper Publications, No. 116, http://www. superduperinc.com/ Sunanto, J. (2005). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press. Tuteja, S., & Nigam, V. (2017). Assistive Clothing Designs for Mentally Retarded. Internasional Journal of Reasearch- Granthaalayah, http://www. researchgate.net/ Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press. Wantah, M., J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas. Widati, S. (2013). Pengajaran Bina Diri dan Bina Gerak (BDBG). Modul. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p57-61
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats