Urgensi Unit Layanan Disabilitas di Perguruan Tinggi Negeri Inklusif

Nafisa Nurani Aulia, Umi Safiul Ummah, Ahmad Samawi

Abstract


Keberadaan unit layanan disabilitas dalam perguruan tinggi negeri inklusif merupakan hal krusial dalam implementasi inklusivitas di perguruan tinggi negeri. Tujuan peneitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan urgensi unit layanan disabilitas di perguruan tinggi negeri inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif berjenis studi kasus dan dirancang dengan rancangan multi situs. Penelitian ini menghasilkan data bahwa unit layanan disabilitas penting untuk memberikan layanan dan akomodasi bagi mahasiswa disabilitas sampai proses kelulusan. 


Keywords


Unit Layanan Disabilitas; Perguruan Tinggi Negeri Inklusif

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press. Convention on The Rights of Persons With Disabilities (CRPD). (2019, February 2). www.un.org. https:// www.un.org/development/desa/disabilitiesconventionon-the-rights-of-persons-with-disabilities.html Denzin & Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Disability Services Center. (2019, July 1) www. farmingdale.edu. https://www.farmingdale. educampus-life/student-support-services/supportservices-students-disabilities/index.shtml

Habibi, R. S., (2014). Hak-hak Penyandang Disabilitas dalam Bidang Pendidikan Berdasarkan Pasal 9 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (Studi Pelaksanaan Pemenuhan Sarana Pendidikan oleh Universitas Brawijaya. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum, 1(1). J. Moleong, L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya; Bandung. Maghfiroh, L., (2013). Pengembangan Kurikulum Model Dmso (Duplikasi, Modifikasi, Substitusi, Omisi) Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Galuh Handayani: Penyelenggara Pendidikan Inklusif (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya). Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press. Mulyana, Dedi. (2001). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Napitupulu. (2011). Komitmen Dan Strategi Pelayanan Pendidikan Untuk Semua (The Dakar Frame Woork For Action) [online]. http:// blognyadwee.blogspot.in/2011/12/komitmendan-strategi- pelayanan.html?m=1 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2017) Panduan Layanan Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi. Jakarta: Author Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta. Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Undang-undang Dasar 1945 Pasal 31


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats