Operasi Hitung Sederhana dengan Media Tangga Pintar Anak Tunagrahita

Nurul Khikmah Maulidiyah, Sudarsini Sudarsini, Asep Sunandar

Abstract


Peningkatan kemampuan operasi hitung sederhana dengan media tangga pintar bagi anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media tangga pintar pada kemampuan operasi hitung berhitung 1 sampai 10 siswa tunagrahita. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tangga pintar berpengaruh terhadap kemampuan operasi hitung sederhana siswa tunagrahita.


Keywords


Tunagrahita; media tangga pintar; operasi hitung sederhana

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Depdikbud, Dirjen, Dikti, Jakarta Efendi, M. (2017). Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: UM Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sundayana, (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV Alfabeta Vera, Y. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I Sekolah Dasar. Artikel (Online), Wahyuningtyas ,D. (2015). Penggunaan Media Mobil Mainan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bula.Jurnal(Online), Wahyuningtyas, P.A. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini Di Tempat Penitipan Anak Beringharjo Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 4(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats