Pengembangan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tari Walang Ketrek
Abstract
Pembelajaran tari merupakan salah satu kegiatan penting untuk anak usia dini mengembangkan aspek perkembangan khususnya pada aspek fisik motorik. Kegiatan pembelajaran tari diberikan pada anak usia dini dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek serta kelayakannya dalam pembelajaran tari bagi anak usia dini. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan 3 tahap yakni: (1) analisis, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan data angket. Kelayakan produk ditinjau dari segi materi tari dan segi isi yang didasarkan pada aspek penilaian yang akan dinilai oleh validator. Analisis hasil dari perhitungan berdasarkan lembar validasi yang didapat dari ahli materi sejumlah 90%, dari ahli validasi isi memiliki presentase 83% hasil tersebut dapat masuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran tari untuk anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan
Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Stratei
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, Rachmah. 2018. Perencanaan Pembelajaran
PAUD. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS
Lismiadara, Diah.2015. pengembangan buku suplemen berorientasi pendekatan kontekstual untuk meningkatakan menulis laporan siswa kelas V SDN 1 Menganti Gresik. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Moeslichatoen R. (1999). Metode Pengajaran di Taman
Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin Syah, (2000:22). Pengertian Metode Demonstrasi.
[online]. Tersedia:
http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-
demonstrasi-dalam-bel ajar.html.
Mulyani, N. (2016). Pendidikan Tari Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Gava Media.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan
Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nana Sudjana, 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Purnomo, E. 1993.Fungsi tari dalam dunia pendidikan anak
usia prasekolah, majalah pendidikan
gelora. Jakarta:Grasindo.
Samsudin.2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-
Kanak. Jakarta: Litera Predana Media Group.
Setyowati, Sri. 2007. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi
Untuk Anak TK. Surabaya: Unesa University Press.
Setyowati , Sri. 2012. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi
Untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Unesa University Press.
Setyowati,Sri. 2016. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi
untuk Anak Usia Dini. Surabaya: UNESA
UNIVERSITY PRESS.
Suryani. (2012). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 18 Sungai Kakap. Tersedia di. www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb /article/.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta,
Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tavakol, M. & Dennick, R.. (2011). Making sense of
cronbach’s alpha,
International Journal of Medical Education, 2,
hlm. 53-55.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori
dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.
Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan.
Yokyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v3i2p48-64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.