Pengembangan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tari Walang Ketrek

selvi aprilia ika rudianti

Abstract


Pembelajaran tari merupakan salah satu kegiatan penting untuk anak usia dini mengembangkan aspek perkembangan khususnya pada aspek fisik motorik. Kegiatan pembelajaran tari diberikan pada anak usia dini dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek serta kelayakannya dalam pembelajaran tari bagi anak usia dini. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D atau (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan 3 tahap yakni: (1) analisis, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan data angket.  Kelayakan produk ditinjau dari segi materi tari dan segi isi yang didasarkan pada aspek penilaian yang akan dinilai oleh validator.  Analisis hasil dari perhitungan berdasarkan lembar validasi yang didapat dari ahli materi sejumlah 90%, dari ahli validasi isi memiliki presentase 83% hasil tersebut dapat masuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka metode demonstrasi dalam pembelajaran tari walang ketrek dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran tari untuk anak usia dini.


Keywords


tari walang ketrek, fisik motorik, motorik kasar, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan

Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Stratei

Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Rachmah. 2018. Perencanaan Pembelajaran

PAUD. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS

Lismiadara, Diah.2015. pengembangan buku suplemen berorientasi pendekatan kontekstual untuk meningkatakan menulis laporan siswa kelas V SDN 1 Menganti Gresik. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Moeslichatoen R. (1999). Metode Pengajaran di Taman

Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah, (2000:22). Pengertian Metode Demonstrasi.

[online]. Tersedia:

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-

demonstrasi-dalam-bel ajar.html.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Tari Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Gava Media.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan

Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nana Sudjana, 2002, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Purnomo, E. 1993.Fungsi tari dalam dunia pendidikan anak

usia prasekolah, majalah pendidikan

gelora. Jakarta:Grasindo.

Samsudin.2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-

Kanak. Jakarta: Litera Predana Media Group.

Setyowati, Sri. 2007. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi

Untuk Anak TK. Surabaya: Unesa University Press.

Setyowati , Sri. 2012. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi

Untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Unesa University Press.

Setyowati,Sri. 2016. Pendidikan Seni Tari dan Koreografi

untuk Anak Usia Dini. Surabaya: UNESA

UNIVERSITY PRESS.

Suryani. (2012). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 18 Sungai Kakap. Tersedia di. www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb /article/.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta,

Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tavakol, M. & Dennick, R.. (2011). Making sense of

cronbach’s alpha,

International Journal of Medical Education, 2,

hlm. 53-55.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori

dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan.

Yokyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v3i2p48-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.