PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF KEPADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA TRADISIONAL DI TAMAN BACA PERKAMPUNGAN PODOSUGIH.

FIRMAN PRIYO SUHASTO, Raden Rachmy Diana

Abstract


Sastra memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan mengembangkan karakter pada setiap anak. Pembelajaran Sastra anak secara Tradisonal menuntun anak untuk mendapatkan proses pengalaman dalam bersastra. Kegiatan pembelajaran sastra anak secara tradisional merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter positif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif yang  menggambarkan keadaan objek penelitian pada kondisi terkini berdasarkan temuan fakta yang ada. Subyek penelitian adalah anak-anak usia dini di taman baca perkampungan podosugih. Pembelajaran berupa pembacaan kisah dalam cerita sastra anak tradisional oleh peneliti. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran , anak-anak masih mencerminkan karakter yang kurang ramah. Akan tetapi sesudah pembelajaran selesai dilaksanakan dalam kurun waktu tujuh hari melalui penyampaian pesan pesan dan nilai nilai karakter serta melalui kegiatan bernyanyi bersama dengan menggunakan lagu yang mengandung nilai karakter untuk pembelajaran ada perubahan yang hampir sempurna pada diri anak selama peneliti mengamati dan mencatat setiap anak tanpa diketahui oleh si anak. Dari temuan ini peneliti menyimpulkan bahwa dari pembacaan kisah serta menyampaikan pesan moral yang di jadikan sebuah pelajaran kehidupan bagi anak hasilnya dapat memengaruhi perubahan bentuk karakter yang terjadi pada setiap diri anak yang tentunya juga ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam pembelajaran sekolah.

Keywords


learning; literature; positive character

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, Pengantar Apresiasi Karya Sastra, (Bandung: Sinar Al Gaindo, 2002).

Endraswara, Suwardi, Metode dan Teori Pengajaran Sastra, (Yogyakarta: Buana Pustaka, 2005).

Huck, Charlote S, Susan Hepler dan Janet Hickman, Children Literature in The Elementary School, (New York: Holt Rinchart and Winston, 1987).

Nurgiyantoro Burhan, Sastra Anak Pengantar Pemahaman dunia Anak, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013).

Saxby Maurice dan Gordon Winch, Give Them Wings the Experience of Childrens Literature, (Melbourne: The Macmillan Company, 1991).

Wellek R dan Warren, Teori Kesustraan, (Jakarta: PT Gramedia, 1989).

Winarni Retno, Kajian Sastra Anak, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014).

Moleong LJ, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2000).

Miles dan Habermen, A.M., Analisis Data Kualitatif, (London: Sage Publication, 1994).

Esma Junaini, dkk, “Analisis Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma”: Jurnal Korpus., Vol 01 No 01 (Agustus 2017).

Mulianah Karioni, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini”: Jurnal Golden Age., Vol 01 No 02 (Desember 2017).

Ririn Ayu, “Sastra dalam Pembentukan Karakter Siswa”: Jurnal Edukasi Kultura., Vol 02 No 02 (September 2018).

Siti Anafiah, “Sastra anak sebagai Media pendidikan penanaman Pendidikan Karakter”., Jurnal Akademik Univ Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta: No 02 (Agustus 2017).

Dwi Sistiana, “Sastra Anak Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter”: Jurnal Pendidikan Bahasa., Vol 02 No 01 (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v5i1p36-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.