PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KREASI FLIPBOOK KELOMPOK A TK AL-HUSNA BURING MALANG
Eggie Mitha Rosa, Usep Kustiawan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media kreasi flipbook untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A1 TK Al-Husna Buring Malang. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, setiap siklusnya sebanyak dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan revisi plan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak dari pra tindakan diperoleh presentase 43,5%, siklus I diperoleh presentase 40,9% dan siklus II diperoleh presentase 81,81% hasil temuan dari pra tindakan ke siklus II sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan pemaparan hasil pelaksanaan media kreasi flipbook bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak terbukti meningkat.
Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara
Fadillah, M. 2014. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Hayati, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (1): 296-301.
Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
May, Lwin. Dkk. 2005. Cara Membangkitkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Gramedia
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardi, Musa. & Astuti Wuri. 2013. Kajian Perkembangan Kogntif. Malang: Universitas Negeri Malang