PENINGKATAN KECAKAPAN PENGURUTAN (SERIASI) UKURAN MELALUI PERMAINAN SMILE SIRKUIT USIA 4-5 TAHUN

Alfiatul Nikmah, Tumardi Tumardi, Evania Yafie

Abstract


The ability to determine the measurement (seriation) of size is the accuracy that is owned by the child in determining an order of size from various existing sizes. Seriation competence in children aged 4-5 years is to sort objects from large to smallest or vice versa as much as 5 seriations. In fact 10 out of 18 children still have shortcomings in order of size. This study aims to improve children's learning outcomes in determining the order of size and to improve the quality of learning so that activities can run effectively, efficiently, and fun. The results showed that there was an increase in sequencing skills (seriation) measures based on the results of children's learning outcomes during pre-action up to the second cycle by 42%. The application of smile circuit games can improve the quality of learning to become more interesting and efficient.

 

Kecakapan dalam menentukan pengurutan (seriasi) ukuran merupakan ketepatan yang dimiliki anak dalam menentukan suatu pengurutan ukuran dari bermacam-macam ukuran yang ada. Kompetensi seriasi pada anak usia 4-5 tahun adalah mengurutkan benda dari yang besar sampai terkecil atau sebaliknya sebanyak 5 seriasi. Pada kenyataannya 10 dari 18 anak masih memiliki kekurangan dalam mengurutkan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam menentukan urutan ukuran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kegiatan dapat berjalan efektif, efisien, dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecakapan pengurutan (seriasi) ukuran berdasarkan hasil capaian belajar anak selama pra tindakan hingga siklus II sebesar 42%. Penerapan permainan smile circuit dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi semakin menarik dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Usaha Nasional.

Jannah, U.R. 2018. “Teori Dienes Dalam Pembelajaran Matematika”. (INTERAKSI) Volume 8, Edisi 2. Universitas Madura.

Novikasari, I. 2016. “Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini” (Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak) Volume 2, Nomor 1 Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf), diakses 2 Januari 2019.

Piaget, J. & Barbel, I. 2010. Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahlini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil ke Terbesar dengan Media Gambar di Kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan” (Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial) Volume 4 Nomer 2. Taman Kanak-Kanak Dewi Sartika Pandawan Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan.

Salkind, N. J. 2009. Teori-Teori Perkembangan Manusia (Sejarah Kemunculan, Konsepsi Dasar, Analisis Komparatif, dan Aplikasi). Bandung: Nusa Media.

Santrock, J. 2007. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Setiowati, A. 2016. “Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Teknik Permainan Pada Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok” (Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) Volume 2, Nomor 1. Universitas PGRI Yogyakarta.

Smith, S.S. 2006. Third Edition: Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson.

Widayanti, M.D. 2016. Peningkatan Kemampuan Seriasi Ukuran Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelompok A TK Ambar Asri Gamping Sleman. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/1218/1090




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v2i1p36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.