IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI TERHADAP ORAL ACTIVITIES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF C1-C4 MATERI EKSKRESI

Sri Eka Kusumasari, Much. Fuad Saifuddin

Abstract


Kegiatan pembelajaran IPA yang masih monoton membuat siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat nilai rata-rata ulangan harian di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran TAI terhadap oral activities dan hasil belajar kognitif C1-C4 pelajaran IPA siswa kelas VIII materi sistem ekskresi di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta T.A 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar observasi dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji independent sample t-test oral activities menunjukkan signifikansi < nilai α yaitu 0,00 < 0,05. Hasil uji mann whitney hasil belajar C1-C4 menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) < α yaitu 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh model TAI terhadap oral activities dan hasil belajar C1-C4.


Keywords


model; TAI; oral activities; Hasil belajar; C1-C3

Full Text:

PDF

References


Akdon, Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta.

Halih, Moh. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Asissted Individualization) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Buana Matematika. 6 (2): 31-36.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniati, Ririn. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Jayapura. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3 (3): 1-11.

Lumowa, S.V.T dan Kusumawati, Y.D. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil belajar pada Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan. Jurnal EduBio tropika. 1 (1): 1-60.

Maarip Aep S & Kasronudin. 2016. Konsep dan Aplikasi Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: PT leutika Nouvalitera.

Meilani, Neni, Hadiarti dan Fadhilah. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar-Razi jurnal Ilmiah. 5 (2): 215-224.

Riyani, Ana, Widiyatmoko dan Wusqo. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir kritis Siswa SMP Tema Kalor. Unnes Science Education Journal. 5 (2): 1280-1287.

Sardiman. 2014. Intraksi dan Motovasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p40-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats