PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE ENGAGEMENT EXPLORATION EXPLANATION ELABORATION DAN EVALUATION DISERTAI MIND MAPPING

Syamilah Meidiyanti, Eka Damayanti, St Syamsudduha, Jamilah Jamilah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif sebelum dengan setelah penggunaan model pembelajaran learning cycle engagement, exploration, evaluation, elaboration, dan evaluation (5E) disertai mind mapping pada peserta didik di SMAN 8 Bulukumba; (2) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle engagement, exploration, evaluation, elaboration, dan evaluation (5E) disertai mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik di SMAN 8 Bulukumba. Jenis penelitian penelitian quasi eksperimen, dengan pretest posttes group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial paired sample t-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif sesudah perlakuan lebih tinggi dibanding rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif sebelum perlakuan. Hasil analisis inferensial menunjukkan p sebesar 0,000, hal ini berarti terdapat perbedaan skor kemampuan berpikir kreatif sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran model learning cycle 5E disertai mind mapping.

Abstract. This research aims to understand: (1) The differences in creative thinking abilities of the students of SMAN 8 Bulukumba before and after using learning model of cycle engagement, exploration, evaluation, elaboration, and evaluation (5E) with mind mapping, (2) The effect of learning model of cycle engagement, exploration, evaluation, elaboration, and evaluation (5E) with mind mapping implementation towards students’ creative thinking abilities. This quasi experiment research done with pretest posttest group design. The Instruments used were creative thinking tests and learning implementation form. Data was analyzed descriptively and inferentially to paired sample t-test. Based on descriptive analysis, it showed the average score of creative thinking abilities of students after using the learning model was higher than the score before using the learning model. The inferential analysis showed the P value was 0,000 means there is a difference in score of creative thinking abilities before and after the implementation of the learning model. It can be concluded that the learning model of 5E with mind mapping might improve students’ creative thinking abilities.


Keywords


Learning Cycle 5E; Mind Mapping; Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Alsheiri, Mohammed Ali. 2016. “The Impact of Using (5E’S) Instructional Model on Achievement of Mathematics and Retention of Learning Among Fifth Grade Students”. Journal of Research & Method in Education, 6(2): 43-48.

Amri dan Nursida. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas XI IPA Pokok Bahasan Sel SMA Negeri 2 Parepare”, Jurnal Biotek, 5(2): 215-217.

Firdausi, Y.N, M. Asikin, dan Wuryanto. 2018. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Model Elicting Activities (MEA)”. Jurnal Prisma, 1: 239-247.

Hargiono, Maridi, dan Bowo Sugiharto. 2016. “Pengaruh Model Pembelajran Learning Cycle 5E disertai Mind mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Bio Pedagogi, 5(2): 21-25.

Hardiyasa, I Made, Ketut Suma, dan I Wayan Sadia. 2014. “Pengaruh Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa”. Jurnal Program Pascasarjana, 4(1).

Hartati, Ilyas Ismail, dan Ahmad Afiif. 2016. “Perbandingan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Mind mapping terhadap Hasil belajar Siswa”, Jurnal Biotek, 4(1): 137-149.

Latifa, Baiq Rizkia Ayu, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, dan ahmad Harjono. 2017. “ Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1): 61-67.

Ma’mur, Jamal Asmani. 2011. Tuntunan lengkap metodologi Praktis Peneltian Pendidikan Cet.II. Yogyakarta: Diva Press.

Murnaka, Nerru Pranuta dan Nia Yuniarti. 2018. “Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1): 28-37.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24-44.

Prastiwi, Sari Catur Adrian dan Mita Anggaryani. 2014. “Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E Dengan Materi Pesawat Sederhana Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Gedangan Kelas VIII. “Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(02): 37-40.

Putra, Redza Dwi, Yudi Rinanto, Sri Dwiastuti, dan Irwan Irfa’i. 2016. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1): 330-334.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahma, Ary Analisa. 2013. “Pengaruh Model Siklus Belajar Berbantuan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Kinerja Laboratorium Siswa kelas VIII SMPN 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan”. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2): 187-193.

Resti, Vica Dian Aprelia. 2015. “Analisis Kreativitas Mahasiswa Dalam Penyusunan Peta Konsep Berbentuk E-Mind Map Berdasarkan Kajian Neurosains”. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2): 128-134

Setiawan, I Wayan Pradnya, I Kadek Suartama, Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri. 2017. “Pengaruh Model pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Mind mapping terhadap hasil Belajar Matematika”. E-Journal PGSD, 5(2): 1-11.

Soleha, Siti, Arif Purnomo, dan Aisyah Nur Sayidatun Nisa. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 38 Semarang”. Jurnal Sosiolium, 1(1): 1-13.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada media Group, 2013.

Tee, T.K, M.N. A. Azman, S. Mohamed, Muhammad, Md Yunos, M.H Yee, dan W. Othman. 2014. “Buzan Mind mapping: An Efficient Technique for Note-Taking”. International Journal of Business, 8(1): 28-31.

Wulandari, Cahya, Undang Rosidin, dan Abdurrahman. 2013. “Pengaruh Kreativitas Dalam Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik”. Jurnal FKIP UNILA :43.

Zulchaidar, Ikhwan. 2017. “Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2): 137-143.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p16-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats