POTENSI KEARIFAN LOKAL TAMBI UMA SUKU ENDE SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Maria Waldetrudis Lidi, Maimunah H Daud, Morison Yosep M. Bolong

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal suku Ende Tambi uma untuk dijadikan sebagai salah satu sumber belajar biologi dan pendidikan karakter yang kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di desa Gheoghoma, dan desa Watumbawu, Kabupaten Ende Propinsi NTT pada bulan Mei Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa memadukan antara data observasi, wawancara dan studi literature yang ditindaklanjuti dengan tahap reduksi data, penyajian data, penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal Tambi uma berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar biologi dan pendidikan karakter terutama mengandung nilai-nilai karakter luhur seperti gotong royong, persaudaraan, tanggung jawab, ketaatan, kesetaraan gender, nilai sosial, dan nilai komunikatif, yang berdampak pada sikap antusias peserta didik dalam mempelajari konsep.

Abstract. This study aims to identify local wisdom of the Ende Tambi uma tribe to serve as a source of contextual biology and character education. This research was conducted in Gheoghoma village and Watumbawu village, Ende Regency, NTT Province in May 2020. The type of research used is descriptive qualitative. The data collection technique is in the form of combining observation data, interviews and literature studies which are followed up with the stages of data reduction, data presentation, and data inference. The results showed that local wisdom of Tambi uma has the potential to be used as a source of learning biology and character education, especially containing noble character values such as mutual cooperation, brotherhood, responsibility, obedience, gender equality, social values, and communicative values, which have an impact on enthusiasm. learners in learning concepts.


Keywords


Tambi uma; Sumber Belajar; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal ilmiah Didaktika. 12 (2): 216-231.

Arikunto, S. 2010. Prosedural Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010. Rineka Cipta: Jakarta.

Hadi, P. W., Sari, F. P., Sugiarto, A., Mawaddah, W dan Arifin, S. 2019. Studi Etnosains Terasi Sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Kearifan Lokal. National Conference on Mathematics, Science, and Education (NACOMSE), 1(01), 343-348. Retrieved from http://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/182.

Hafid, H. A. 2016. Sumber dan Media Pem-belajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman. 6 (2): 69-78.

Hernani., A. Mudzakir dan H. Siti H. 2012. Meningkatkan Relevansi Pembelajaran Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan dan Keunggulan Lokal (Suatu Studi Etnopedagogi Melalui Indige-nous Materials Chemistry). Jurnal Pengajaran MIPA. 17 (1): 96-106.

Kasrina., S. Irawati dan W. E. Jayanti. 2012. Ragam Jenis Mikroalga Di Air Rawa Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu Sebagai Alternatif Sumber Biologi SMA. Jurnal Exacta. 10 (1): 36-44.

Kusuma, R. S. 2018. Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogic. 5 (2): 228-239.

Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W dan Niftalia, I. 2016. Pengembangan Ba-han Ajar Tematik SD kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 3 (1): 1-10.

Lamahala, M.H., Lamen, S dan Uslan. 2018. Pengembangan Media Jaringan Epi-dermis Tanaman Jagung (Zea mays, L) Yang Tumbuh Di Kota Kupang Se-bagai Sumber Belajar Tambahan Pem-belajaran IPA SD Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 5 (2): 15-25.

Maharia, A., Yolida, B dan Marpaung, R.R.T. 2018. Identifikasi Kearifan Lo-kal Suku Sungkai Sebagai Sumber Belajar IPA SMP. Jurnal bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 6 (4): 11-25.

Muflihaini, M.A dan Suhartini. 2019. Tarub Sebagai Sumber Belajar Biologi Keanekaragaman Hayati dan Kon-servasi Berbasis Kearifan Lokal Bu-daya Jawa. Prosiding symbion (sympo-sium on biology education) Prodi Pen-didikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan , Vol 2, 282-288. Re-trieved from seminar.uad.ac.id

Nadlir. 2014. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (2): 299-330.

Nuwa, G. 2020. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Gong Waning Pada Masyarakat Etnis Sikka Krowe Sebagai Sumber Pendidi-kan Karakter. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1 (2): 48-53.

Putra, P. 2017. Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pembelajaran IPA SD/MI. Pri-mary Education Journal. 1 (1): 17-23.

Qodariah, L dan Armitayi, L. 2013. Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar. Jurnal Socia. 10 (1): 10-20.

Ramdani, E. 2018. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karak-ter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu So-cial. 10 (1): 1-10.

Sudjana. 2012. Metodelogi Statistik. Tarsito: Bandung.

Tinja, Y., Thowaf, S.M., Hariyono. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Manggarai Barat NTT. Seminar Nasional “pengembangan Profesionalisme Pen-didik Untuk Membangun Karakter Anak” Vol 2. Retrieved from pas-ca.um.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p45-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats