ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS MODEL REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING)

Nila Kartika Sari, Nikmatul Iza

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan buku ajar Animal Development Berbasis model REACT yaitu Relating (mengaitkan), Experiencing (mengalami), Applying (menerapkan), Cooperating (Bekerjasama), Transferring (mentransfer). Metode analisis kebutuhan telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan hingga tahap pendefinisian (define).. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang yang telah menempuh matakuliah perkembangan hewan sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket kepada mahasiswa dan dosen. Hasil belajar berdasarkan angket menunjukkan bahwa sumber belajar yang kurang relevan. 75 persen mahasiswa masih kesulitan mengikuti perkuliahan, sehingga 100 persen mahasiswa setuju setuju dan menyatakan perlu dikembangkan buku ajar perkembangan Hewan Berbasis model REACT. Hasil analisis kebutuhan untuk dosen pengampu matakuliah perkembangan hewan menyatakan bahwa sangat perlu dikembangkan buku ajar berbasis model REACT khususnya materi pembelahan sel karena model ini mampu memberdayakan kemampuan berpikir mahasiswa dan dapat melatih pembelajaran mandiri dalam memahami materi perkembangan hewan.

 

Abstract: This study aims to analyze the requirement Animal Development textbooks based on the REACT model, namely Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring. The method of analyzing needs has been done by Thiagarajan's 4D development model to the defining stage. The research subjects were students of Biology Education IKIP Budi Utomo Malang who had taken animal development courses as many as 40 people. Data collection techniques carried out by observing, conducting questionnaires to students and lecturers the result of the study based on questionaire showed that the lack of relevant learning resources. 75 percent students still had difficulty attending lectures, Moreover 100 percent students agreed to use a textbook based on the development of Animal-Based REACT models. The results of the analysis of the need for lecturers supporting animal development courses states that it is very necessary to develop textbooks based on the REACT model especially cell division material because this model can empower students' thinking abilities and can practice independent learning in understanding animal development material.


Keywords


Analisis Kebutuhan; Buku Ajar Perkembangan Hewan; Model REACT

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A. R., Lesmono, D. A., Prastowo, B.H.S., (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Buku Berbasis REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 202-209

Rosyadi, P.A.A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Aplikasi Matematika Menggunakan Pendekatan REACT. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 53–58

Fadhila El Husna, Dewi, F., & Dewi Murni. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 26–30.

Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transferring (REACT). Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 27–40.

Ihsani, A. Z., Langitasari, I., & Affifah, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran React Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan, 14(1), 2498–2511.

Iza, N., & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan berbasis Hasil Penelitian Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Gatul (Poecilia sp.). Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1–10.

Karima, F., & Supardi, K. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mea Dan React Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1).

Kurniawan, I., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Strategi Kontekstual REACT Terhadap Kinerja Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Negeri 6 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Latifah, S., Komikesari, H., & Ulum, M. (2017). Efektivitas Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains di SMP N 22 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 101–108.

Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52

Ramadhani, F., & Jazwinarti. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(1), 57–65.

Riyanto, A. I. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Pendidikan Teknik Elektro., 3, 37–46.

Selamet, K., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Proses SAINS Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p57-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats