REKA BENTUK GENETIC POP UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA SMA
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas rancangan media Genetic Pop Up Book sebagai media pembelajaran yang meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi genetika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic review kualitatif dengan 6 langkah, yaitu 1) memformulasikan pertanyaan penelitian. 2) melakukan pencarian literatur systematic review. 3) melakukan skrining dan seleksi artikel penelitian yang cocok. 4) melakukan analisis dan sintesis temuan-temuan kualitatif. 5) memberlakukan kendali mutu. 6) menyusun artikel narrative. Rancangan Genetic Pop Up Book merupakan rancangan media pembelajaran yang menggunakan 3 dimensi dan interaktif dalam setiap halamannya. Materi genetika yang dimuat yaitu sub bab centraldogma yang terdiri atas pengertian genetika, penemu struktur double helix DNA, sejarah penemuan struktur double helix, DNA, RNA, replikasi, transkripsi, translasi serta latihan soal. Rancangan Genetic Pop Up Book dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi genetika melalui pengalaman belajar khusus dengan menggeser, membuka, dan melipat bagian buku pop up.
Abstract. This paper sheds a new light on the strategies to foster student’s entrepreneurial skills by administering creative thinking infusion learning as the learning framework in a biology classroom. Creative thinking infusion learning is construed as bringing or showing the stages of creative problem solving’s thinking of student thinking in the classroom. To assist student engaging with the infusion in the classroom, we utilised creative thinking diagram to generate entrepreneurial ideas that apply the concept of Biology in solving a problem. Student’s entrepreneurial skills were gauged by six creative entrepreneurship indicators. To investigate those indicators, this paper administrated one group pre-test post-test design and mixed-method approach by using diagram thinking, questionnaires, reflective essays, and interview. The analysis did not show any significant impact of the creative thinking infusion learning towards entrepreneurial skills. This result was demonstrated by no significance differences were seen in the sixth indicators.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cheng, G. (2009). Using game making peda-gogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia : Aus-tralasian Journal of Educational Tech-nology, I25(2), 204-220. https://doi.org/10.14742/ajet.1150
Francis C. and Baldesari, (2006), Systematic Reviews of Qualitative Literature. Ox-ford: UK Cochrane Centre
Fujiyanto, A. S. (2020). Pengembangan Me-dia Pembelajaran Buku Pop-Up Materi Perdagangan Internasional Untuk Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 20-26
Hardjo, F. N., Retnowati, R. Rostikawati. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Media Pop Up Card untuk Meningkat-kan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 1 SMA Siliwangi Bogor. Jurnal Pen-didikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 6(2), 1334-1339, http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1334-1339
Hera, R. (2017). Studi Kasus Permasalahan Dalam Proses Pembelajaran Konsep Genetika Di Sma Negeri 2 Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Genta Mulia 8(1), 53-63
Hidayat, D. W., Kuswandi, D., & Ulfa, D. (2017). Pembelajaran Organisasi Makhluk Hidup Berbasis Gamification Menggunakan Mobile Augmented Reality. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran 4(1), 1-6, http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12017p009
Hidayat, T., & Kasmiruddin. (2020). Mis-konsepsi Materi Genetika Tentang Ek-spresi Gen. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 3(1), 59-65,
https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i1.1262
Kemendikbud. 2020. Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan sdan Ke-budayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Tentang Panduan Penyelenggaran Pembelajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pan-demi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Lismayanti, M., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2016). Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Se-ri Sains 18(1) 44-48
Martono, K. T. (2011). Augmented Reality sebagai metafora baru dalam teknologi interaksi manusia dan computer. Jurnal Sistem Computer 1(2): 60-64
Mauludin, R., Sukamto, A. S., & MUhardi, H. 2017. Penerapan Augmented Reali-ty Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informasi 3(2), 117-123, http://dx.doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676
Murni, D., 2013, Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI), Lampung: Pro-siding Semirata FMIPA Universitas Lampung, pp. 2015-211
Nusantari, E. (2011). Analisis dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Genetika Bu-ku SMA Kelas XII. BIOEDUKASI 4(2), 72-85, https://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v4i2.2638
Pangesty, A. T., Rahayu, H. M., & Kur-niawan, A. D. (2019). Pengaruh Media Pop Up Terhadap Retensi (Daya Ingat) Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Bioeducation 8(2), 37-43, http://dx.doi.org/10.29406/.v6i2.1180
Saenab, S., Nurhayati, B., Hamka, L. Fitri, S. R. (2016). Pembelajaran Genetika (Su-sah) Dengan Strategi Humor (Mudah), Apakah Mempengaruhi Minat Siswa?. Jurnal Nalar Pendidikan 4(2), 131-136, https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2414
Sarhim, F. P. & Harahap, F. (2015). Identifi-kasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Genetika Di Kelas XII IPA SMA Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan 3(4), 162-167, https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4002
Sari, T. A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2017). Miskonsepsi Materi Substansi Genetika Pada Siswa Sma Se-Kecamatan Tan-jung Senang Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah 5(3)
Setyawan, D., Usada, Mahfud, H. (2014). Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal FKIP UNS 2(11)
Silberman, Mel. 2009, Active Learning 101 Cara Strategi Pembelajaran Aktif. Yog-yakarta: Yappendis
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i2p114-119
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB