PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERORIENTASI PADA AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 SOE

Kurnia N. A Biomau, Dian R Sabat, Matheos J Takaeb, Yes Matheos Lasarus Malaikosa

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap penggunaan bahan ajar biologi berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) yang berorientasi pada aktivitas belajar siswa kelas X di SMA Kristen 1 Soe. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan model Borg and Gall (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata persentase 90 persen dan juga praktis digunakan dengan rata-rata persentase respon guru 87 persen dan respon siswa 90 persen. Bahan ajar ini juga efektif digunakan, berdasarkan hasil analisis pertemuan pertama termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata persentase 75,08 persen sedangkan pada pertemuan kedua terdapat peningkatan yang signifikan dengan rata-rata persentase 90,44 persen dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar biologi berbasis (JAS), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 sebesar 15,36 persen, dengan kriteria sangat baik.

Abstract. The aim of this research is to find out the validity, practicallity and effectiveness of the use Biology learning material based on surrounded natural exploration oriented on students’ learning activities of students in ten grade of Christian 1 Soe Senior High School. The method used in this research was research and development (R&D) using Borg and Gall (1983) model. The result of the research showed that the developed material was valid by showing the average percentage 90 percent, the practicality percentage was 87 percent based on the teachers’ responses, 90% for the students’ responses. The developed learning media was also used effectively based on the result of analysis in the first meeting in good criteria with the average percentage was 75,08 percent and in the second meeting was 90,44 percent which was in really good criteria. This showed that the learning and teaching process used the developed learning media could improve the students learning activities significantly from the first meeting to the second meeting wich was 15,36 percent in good criteria.


Keywords


pengembangan bahan ajar biologi; pendekatan jelajah alam sekitar (jas); aktivitas belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter Untuk Konservasi (Issue Desember).

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ismartoyo, & Indriasih, A. (2013). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Perkembangbiakan Tumbuhan Di Sekolah Dasar. Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Perkembangbiakan Tumbuhan Di Sekolah Dasar, 17(1), 254–266.

Mansur, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. Bioeduscience, 2(1), 74. https://doi.org/10.29405/j.bes/74-80121314

Pratiwi, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI ( Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Development of Teaching Materials of Biology Base. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 5–9. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1392

Sabat, D. R., & Malaikosa, Y. M. L. (2018). Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 504–512. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Safarini, A. (2014). Pengembangan Funny Biology Module Berbasis Jelajah Alam Sekitar ( Jas ) Sistem Pencernaan. Skripsi Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Biologi.

Samitra, D. (2017). Peranan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 8. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5024

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmawati, F. (n.d.). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative.

Wilinda, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Cerita Bergambar Pada Materi Sistem Pencernaan.

Wiyono, B. (2007). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i3p214-218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats