PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MODEL PBL TERINTEGRASI PETA KONSEP DAN REFLEKSI BELAJAR

Deny Setiawan

Abstract


Pada tingkat pendidikan tinggi, misalnya pada matakuliah Genetika, keterampilan metakognitif perlu untuk diberdayakan. Pemberdayaan keterampilan metakognitif juga dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Salah satu upaya untuk memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi peta konsep dan refleksi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 44 mahasiswa IKIP Budi Utomo yang sedang menempuh matakuliah Genetika Lanjutan. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian survey. Data yang didapatkan adalah selisih pretest dan postest untuk keterampilan metakognitif dan hasil belajar. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan antara hasil belajar dan keterampilan metakognitif melalui model PBL terintegrasi peta konsep dan refleksi belajar mahasiswa.

Keywords


Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Peta Konsep, Refleksi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, M.T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anshary, M. (2014) Perbedaan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Antara Siswa yang Dibelajarkan Melalui Strategi Inkuiri Terintegrasi Model PBL (Problem Based Learning) dengan Strategi Inkuiri Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Makassar.

Arends, R. (2008). Learning to Teach. (Terjemahan Helly Prajitno & Sri Mulyani). New York: McGraw Hill Company.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Basith, A. (2011). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Matapelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Think Pair Share (TPS). Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM.

Chang, P., & Hsiau, S. (2002). Implementation of an Innovative Curriculum to Cultivate Techno-logical Creativity in Engineering Students. Proc. Natl. Sci. Counc. ROC(D), 12 (2): 64-72.

Corebima, A.D. (2008). Review on: Learning strategies having bigger potency to empower thinking skill and concept gaining of lower academic students. Prosiding, Redesigning pedagogy international conference. December 2008.

Danial, M. (2010). Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemica. 11 (2):1-10

Hadi, A.N. (2009). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. Skripsi, Tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM.

Handayani, D. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Teras, Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Isra, M., An’nur, S., & Hartini, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 9 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1): 26-37.

Khoiru, I.A. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kristiani, N. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Prosiding, Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya.

Novak, J.D & Gowin, D.B. (1985). Learning how to learn. Cambridge; Cambridge University Press

Rachmawati, A.G.S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Semester II D-III Kebidanan. Tugas Akhir, tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.

Redjeki, T., Susanti, E., & Ariani, S.R.D. (2012). Implementasi Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Peta Konsep untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan efektifitas pembelajaran kimia organik I. Prosiding, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia IV.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiawan, D. & Susilo, H. (2015). Peningkatan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Biologi Melalui Penerapan Jurnal Belajar Dengan Strategi Jigsaw Dipadu PBL Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Biologi Umum. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015 diselenggarakan di UMM tanggal 21 Maret 2015.

Setiawan, D. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Metakogitif Melalui Pembelajaran Reflektif. Edubiotik, 1(1): 35-41.

Setyowati, Y. (2010). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pokok Fotosintesis Untuk Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Siswati, B.H., & Corebima, A.D. (2016). Hubungan Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Kognitif Ipa Dan Biologi Siswa SMP Dan SMA Di Malang Pada Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Prosiding, Seminar Nasional Biologi UNESA.

Supiandi, M.I. & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (2), 60-64.

Supriyanto. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Group Investigasi Kelas X-7 SMA 5 Semarang Tahun Ajaran 2010-2011. JP2F. 2(1): 1-12

Wardani, N.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas

Wicaksono, A.G. (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Resiprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2):85-92.

Wulandari, N., Sjarkawi, & Damris. (2011). Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi, 1 (1): 14-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v9i1p17-22

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats