PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI BOTANI CALON GURU BIOLOGI

Murni Saptasari

Abstract


Indonesia sebagai negara tropis memiliki keanekaragaman tumbuhan  dan bermanfaat bagi manusia  sebagai pangan, sandang, papan, bahan obat dan nilai budaya. Hasil observasi pada kegiatan pembeljaran pada semester awal khususnya matakuliah  botani dasar yaitu struktur dan perkembangan tumbuhan diketahui  mahasiswa calon guru biologi kurang memiliki keterampilan literasi botani. Mahasiswa masih belum memahami materi yang sesuai dikaitkan dengan  lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bebass proyek terhadap keterampilan literasi botani calon guru biologi.Metode penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan, yaitu non equivalent group design Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan biologi Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2017/2018 dan sampel terdiri dari 60 mahasiswa masing-masing dalam 2 rombongan belajar. Satu kelas sebagai kelas kontrol sedangkan kelas kedua sebagai kelas eksperimen. .Instrumen  yang digunakan untuk mengukur keterampilan literasi botani adalah tes keterampilan literasi sains yang telah dikembangkan  dengan acuan 9 indikator dalam pengembangan instrumen tes TOSLS (Test of scientific Literacy Skills) oleh Gormally et al.,(2012). Ada 30 butir soal yang disusun merupakan butir soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur keterampilan literasi botani. Instrumen pendukung terdiri dari rencana pembelajaran semester, lembar kerja mahasiswa berbasis PJBL. Analisis data menggunakan analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan profil keterampilan literasi botani, analisis inferensial menggunakan Anakova diperlukan untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov atau Shapiro-Wilk dan homogenitas varian dengan Levene’s test dilakukan sebelum proses uji hipotesis dengan teknik Anakova Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran berbasis proyek tidak berpengaruh terhadap keterampilan literasi botani calon guru biologi.  Penelitian lebih lanjut tentang pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan literasi informasi pada calon guru biologi perlu dilakukan.

Keywords


model pembelajaran berbasis proyek, keterampilan literasi botani, calon guru biologi

Full Text:

PDF

References


Akin, F., Koray, O., and Tavukçu, K. 2015. How effective is critical reading in the understanding of scientific texts? (Online: www.sciencedirect.com, diakses tanggal 2 Juni 2018).

Cardak,O., Dikmenli, M. 2017. Science Student Teachers’ Ideas About Biological Diversity. Journal of Education and Practice, 8 (25): 92-95

Drea, S. 2011. The End of the Botany Degree in the UK. Bioscience Education, 17(1): 1-7.

Gormally, C., Brickman, P., Lutz, M. 2012. Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates’ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE—Life Sciences Education, 11: 364–377.

Jäkel, L. 2014. Interest and Learning in Botanics, as Influenced by Teaching Contexts, In C.P. Constantinou, N. Papadouris & Hadjigeorgius (Eds.), E-Book Proceedings of the ESERA 2013 Conference: Science Education Research For Evidence-based Teaching and Coherence in Learning. Part 13 (co-ed. L. Avraamidou & M. Michelini), (pp.12) Nicosia, Cyprus: European Science Education Research Association. ISBN: 978-9963-9963-700-6.

Kubiatko, M. dan Vaculová, I. 2011. Project-based learning: characteristic and the experiences with application in the science subjects. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies. 3 (1): 65-74

McKenzie, A., Addison, M., Chappell J., Hennigan, J., Lozes, B dan Anderson, M. 2009. An Innovative Project-Based Learning Approach: Engineering the Creative Space. IEEE Multidisciplinary Engineering Education Magazine. Vol. 4, No.1

Porter, R.J. 2005. Information Literacy in Biology Education: An Example from an Advanced Cell Biology Course. Cell Biology Education, 4: 335–343.

Rustaman, N.Y., Arifin, M., & Permanasari, A. 2007. Mengefektifkan Pembelajaran Sains dan Animasinya untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dengan berbagai Metode Laporan Penelitian Hibah Pasca didanai Dikti, Depdiknas.

Rustaman,N., 2013. Trend Penelitian Pendidikan Biologi Dalam Rangka Mengembangkan Perilaku Konservasi Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Biologi Tema: “Membangun Karakter Konservasi Dalam Memanfaatkan Keanekaragaman Hayati Secara Berkelanjutan” Bandung, 28 Juni 2013 Jurusan Pendidikan Biologi - FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sağlam, A. Ç., Çankaya, I., Üçer, H, dan Çetin, M. 2017. The Effect of Information Literacy on Teachers’ Critical Thinking Disposition. Journal of Education and Learning, 6(3): 31-40.

Saptono, S. 2013. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Model Pembelajaran Integrasi Atribut Asesmen Formatif (IAAF).

Tamim, S. R., & Grant, M. M. 2013. Definitionsand Uses: Case Study of TeachersImplementing Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 7 (2), 72-101

Thomas, J.W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA: Autodesk. http://www.k12reform.org/foundation/pbl/research.

Uno, G.E. 2009. Botanical literacy: How and what students should learn about plants. American Journal of Botany, 96: 1753–1759.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpb.v9i2.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB