IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SAINS SISWA KELAS XI-IPA SMA NEGERI 2 LAMBANDIA, KAB. KOLAKA TIMUR- SULTRA

Sri Wahyuni

Abstract


Permasalahan pendidikan di setiap daerah mengalami perbedaan. Beberapa sekolah di propinsi Sulawesi Tenggara belum bisa menerapkan kurikulum 2013. Faktor penyebabnya yaitu tenaga pendidik yang belum mumpuni dan failitas yang minim. Sehimgga pendekatan sainstifik belum diterapkan di kelas. Pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pendekatan sainstifik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pelajaran Biologi dan keterampilan sains di  SMA Negeri 2 Lambandia.  Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis, lembar observasi, dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan sainstifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan sainstifik dapat meningkatkan aspek pengetahuan dan keterampilan sains. Peningkatan hasil belajar kognitf sebesar 20% dan keterampilan sains sebesar 9,25%.

Keywords


pendekatan sainstifik, mata pelajaran biologi, hasil belajar kognitif, keterampilan sains

Full Text:

PDF

References


Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Nulfita, Ida Mintarina. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Menyong-song Generasi Emas Indonesia. Online:www.Pendekatansainstifik.comdiakses tanggal 20 Maret 2018.

Permendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmatiah. 2015. Pendekatan Sainstifik sebagai solusi dalam pembelajaran Biologi. Sulawesi Selatan: Artikel E-Buletin Media Pendidikan LPMP Sulsel Edisi Mei 2015 ISSN. 2355-3189.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembela-jaran Inovatif–Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grop.

Wahyuni, Sri. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dan Kerja Ilmiah Peserta Didik Kelas XI-MIA 6 Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian Tindakan Kelas. Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v9i2p47-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats