PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN HOME SCIENCE PROCESS SKILL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES DI MAN 1 MALANG

Leviana Erinda, Sri Endah Indriwati, Eko Sri Sulasmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang. Modul dikembangkan berdasarkan model 4D Thiagarajan. Peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses diukur dari tingkat keefektifan produk berdasarkan nilai pretest-posttest, muatan karakter, dan keterampilan proses sains. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang

Keywords


Modul Keanekaragaman Tumbuhan, Home Science Process Skill, Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter

Full Text:

PDF

References


Airlanda, G. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis HSPS dipadukan Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Jurnal Pendidikan Sains. 4 (1), 1-5.

Ali, H. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Konsep Reproduksi Manusia di Kelas IX B SMP Negeri 2 Pangsid . Bionature. 11 (1), 29-36.

Budur, E. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter melalui Inkuiri dengan Lesson Study dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kogniti Siswa Kelas VII SMPN 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Sains. 1 (2), 171-177.

Damayanti, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD. 2 (3).

Dewi, N. dan Arini, F. 2018. Uji Keterbacaan pada Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkna Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Prisma.

Gredler, M. 2009. Learning and Instruction Theory into Practice. New Jersey : Pearson Education.

Harlen, W. 1992. The Teaching of Science : Studies in Primary Education. London: David Fulton Publisher.

Llewllyn, D. 2012. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. SAGE Publiation.

Nieven, N., McKenney, S., dan Akker, J. 2006. Educational Design Research: The Value of Variety. London : Roudledge.

Putri, M., Rusdi, M., dan Bakar, A. 2017. Analisis Keterlaksanaan Sintaks Modul Inkuiri Terbimbing dengan Jenis Masalah Decision Making untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam dan Basa di SMAN 1 Kota Jambi. Jambi : Universitas Jambi.

Rahdiyanta, D. 2005. Teknik Penyusunan Modul. Yogyakarta : Uiversitas Negeri Yogyakarta.

Sabiran, N. 2013. Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry). Lampung : Universitas Lampung.

Susanto, F., Hidayat, A., Maspupah, M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera Manusia di SMAN 3 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Biologi. (1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v9i2p64-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats