Pengembangan Handout Perkuliahan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Pembelajaran Bagi Mahasiswa
Sifak Indana, Ahmad Bashri
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan handout perkuliahan dengan model pembelajaran kooperatif yang valid, mudah dilaksanakan, dan efektif untuk mengembangkan keterampilan merencanakan pembelajaran bagi mahasiswa. Perangkat perkuliahan yang dikembangkan dapat dipergunakan oleh dosen dan mahasiswa yang diharapkan dapat meningkatkan mutu perkuliahan pembelajaran inovatif II. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Secara prinsip pengembangan perangkat pembelajaran ini menerapkan empat tahap pengembangan yang disebut Model 4-D atau Four –D Model, yaitu tahap pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan pendisiminasian (dessiminate). Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat perkuliahan dengan model pembelajaran kooperatif. Produk utama yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Perangkat perkuliahan berupa handout, mahasiswa dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa handout tipe-tipe pembelajaran kooperatif yang dapat diselesaikan dengan baik. Hasil uji validitas oleh ahli dan mahasiswa menunjukkan hasil bahwa handout ini layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat perkuliahan acuan penyusunan RPP. Keunggulan handout ini adalah dapat menambah wawasan mahasiswa dalam menyusun RPP karena dilengkapi dengan contoh implementasi dalam pembelajaran dan menarik minat baca.
Keywords
Handout, model pembelajaran kooperatif, validitas, keterampilan merencanakan pembelajaran
Borsboom, D dan Gideon J.M. 2014. The Concept of Validity. American Pshychological Association. No.4, Vol.111, Hal: 1061-1071
Depdiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Direktoral Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Thiagarajan, S., Dorothy, S., Semmel, dan Melvyn, I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Source Bllomington: Center for Innovation on Teaching The Handicapped.
Tuckman, Bruce W. 1978. Conducting Educational Research Second Edition. New York: Harcurt Brace Jovanovich
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262