PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY PADA MATAKULIAH KEANEKARAGAMAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Sri Endah Indriwati, Herawati Susilo, Dita Purwinda Anggrella

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan komunikasi mahasiswa selama proses kegiatan pembelajaran Keanekaragaman Hewan jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan pada bulan Agusstus 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yakni mahasiswa pendidikan Biologi kelas B sebanyak 32 orang yang sedang mengikuti mata kuliah Keanekaragaman Hewan pada semester tiga. Data diperoleh dengan mengamati proses kegiatan belajar secara langsung oleh observer dengan mengisi lembar aktivitas mahasiswa selama kegiatan perkuliahan berlangsung dalam 4 kali pertemuan serta tes tulis diakhir siklus. Hasil observasi awal pada penelitian ini diketahui bahwa keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi  dinilai masih kurang, diantaranya; (1)  metode pembelajaran yang digunakan selama kegiatan pembelajaran adalah diskusi presentasi, sehingga kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi fakta-fakta dalam konsep biologi rendah ; (2) kegiatan diskusi presentasi yang dilakukan hanya didominasi oleh 4-5 mahasiswa saja; (3) kemampuan mahasiwa dalam membagikan pikiran pada temannya kurang, sehingga untuk untuk meningkatkan kecakapan komunikasi mahasiswa selama kegiatan perkuliahan, maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis lesson study (LS) kurang lebih selama 2 siklus, dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.


Keywords


model pembelajran inkuiri terbimbing, kecakapan komunikasi, hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Learnining Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Albert. 2004. Focus On Inquiry: A Teacher Guide To Implementing Inquiry Based Learning Teacherguide. Canada: the Crownin in Right of alberta.

Cangara, H. Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Colburn, A. 2000. An Inquiry Primer. Science Scope, 23 (6): 42-44

Edwars, K dan Loveridge, J. 2011. Loooking Intro Early Childhood Teacher Support Of Children’s Scientific Learning. Jurnal Viktoria Universitas Australia of Early Childood.

Hamrumi. 2009. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga

Levy,Ornit S., Eylon, Bhat-Sheva., Scherz, Zahava. 2009. Teaching Scientific Communication Skill In Science Studies: Does It Make A Difference. International Journal Of Science And Mathematics Education, 7:875-903

OECD. 1999. Measuring knowledge students and skills. France: The Organisation for Economic Co-operation and Development

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada Media Group

Scardamalia, M. 2002. Collective Cognitive Responsibility for the Advancement of Knowledge. In B. Smith, Liberal Education in a Knowledge Society. Chicago, IL: Open Coert.

Semiawan, C. R. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Susilo, Herawati. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpb.v9i2.5391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB