PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DAILY ASSESSMENT BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG

Ardian Anjar Pangestuti, Erfitra Rezqi Prasmala

Abstract


Keterampilan metakognitif adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa, karena keterampilan ini dapat mendukung keberhasilan mahasiswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Berdasarkan hasil observasi dan hasil beberapa penelitian yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi dapat diketahui bahwa metakognitif mahasiswa masih rendah. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan hasil belajar kognitif mahasiswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah upaya untuk memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran Digital Daily Assessment. Berikut ini nilai yang diperoleh dari hasil validasi, nilai validasi oleh ahli materi adalah 95,14%, nilai validasi oleh ahli media adalah 97,92%, nilai validasi oleh praktisi  adalah 97,25%, dan nilai yang diperoleh dari hasil uji keterbacaan yang melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi adalah 93,4%. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat diketahui bahwa media pembelajaran Digital Daily Assessment layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran

Kata kunci: Digital Daily Assessment, Keterampilan Metakognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB