PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM SARAF MANUSIA

Sariningsih Sariningsih, Purwati Kuswarini Suprapto, Liah Badriah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih pada materi sistem saraf manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 1 Sindangkasih. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih sebanyak 3 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis hasil belajar pada materi sistem saraf manusia yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih.

Abstract. This study aimed to determine the effect guided inquiry learning model toward learning outcomes of students in XI MIPA classes at SMA Negeri 1 Sindangkasih on nervous system subject. This research was conducted from September 2018 until July 2019 at SMA Negeri 1 Sindangkasih. The research used the true experiment method. The population in this study were all XI MIPA at SMA Negeri 1 Sindangkasih as many as 3 classes. The sample used was 2 classes, namely class XI MIPA 1 as the experimental class and class XI MIPA 3 as the control class taken by cluster random sampling technique. Data collection techniques in the form of tests of learning outcomes on the nervous system subject was conducted before and after learning process were taken place. The datas were analyzed by using the Ancova test. The results showed that there was the effect guided inquiry learning model toward learning outcomes of students on nervous system subject in XI MIPA classes at SMA Negeri 1 Sindangkasih.


Keywords


Hasil Belajar; Guided Inquiry

Full Text:

PDF

References


Amijaya, L.S., Agus, R., & I Wayan, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA. 13(2). 94-99.

Badriah, L. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Deduktif Dan Induktif Pada Konsep Ekosistem. Bioedusiana, 1(1), 53-64.

Bagiarta, I. N., I Wayan, K., & I Nyoman, S. (2015). Komparasi Literasi Sains Antara Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Goup Investigation) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5. 1-11.

Dahar, Ratna Wilis. (2001). Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Iswatun, I., Mosik, M., & Bambang, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk

Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3(2). 150-160.

Ngasarotur, Laela., & Partono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 3(1). 64-72.

Nurfausiah., & Suhardiman. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2). 10-13.

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taofiq, M., Dadi, S., & Gito, H. (2018). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau dari Kemampuan Akademik yang Berbeda di SMAN 1 Kayangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Yani, A., Ruhimat, M. (2018). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats