Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen

Dwi Rahayu, Heri Pratikto, Wening Patmi Rahayu

Abstract


 Kurikulum 2013 dikenal sebagai pendidikan karakter dimana pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan scientific. Untuk menunjang pembelajaran  dengan menggunakan pendekatan scientific salah satunya dapat menggunakan modul. Modul adalah sarana pembelajaran dalam bentuk tertulis atau cetak yang berisi materi pembelajaran, metode, tujuan pembelajaran, petunjuk kegiatan belajar, dan latihan yang disusun secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dan dapat digunakan secara mandiri.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran kontekstual bermuatan karakter pada mata pelajaran kewirausahaan dengan mataeri produk kerajinan dari bahan lunak dan pengemasannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Model pengembangan produk modul ini menggunakan modifikasi Brog & Gall yang terdiri dari: 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) validasi ahli, 5) uji coba kelompok kecil, 6) revisi, 7) produk akhir. Produk divalidasi oleh 1 orang ahli modul dan 1 orang ahli materi, kemudian dilakukan uji kelompok kecil sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan pedoman wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid dan layak, ditinjau dari hasil validasi ahli materi, ahli modul dan pada uji coba kelompok kecil sebesar sehingga modul pembelajaran kontekstual bermuatan karakter valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

 

Abstract: 2013 curriculum known as character education where learning developed used the scientific .To support learning by adopting scientific one of which may be use module .Module is a means learning in the form of written or a print contains material learning , method , the purpose of learning , guidance learning activities , and in whose exercise arranged systematically and compelling to reach competence expected and can be used independently.This study attempts to yield the product of learning module contextual charged character on the subjects of entrepreneurship with mataeri products the craft of soft material and pengemasannya .This study adopted qualitative approaches by the support quantitative data .Model product development this module use modification a brog & amp; gall consisting of: 1 analysis needs , 2 planning , 3 ) product development , 4 ) validation the people of , 5 ) pilot small group , 6 ) revision , 7 ) the final product .Products validated by 1 experts modules and 1 experts matter , then undergone a small group 25 students .Data collected by guidelines , and chief .The research results show that module developed including on the criteria valid and worthy of , in terms of the results of validation the matter , the modules and on trial group fraction of so learning module contextual charged character valid and being used as teaching materials.


Keywords


modul; pembelajaran kontekstual; nilai karaktermodule; learning contextual; the value of a character

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

JPBM is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

JPBM is indexed by :

  

  

ISSN (Online) 2527-905X       ISSN (Print) 2461-0828