Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang

Neni Wahyuningtyas, Nurul Ratnawati

Abstract


Sebagai guru profesional tentunya harus memiliki berbagai kemampuan, salah satunya adalah kemampuan menulis karya ilmiah. Dengan menulis karya ilmiah selain guru dapat naik pangkat, jabatan dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Namun sayangnya kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru-guru yang belum menulis karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal maupun menjadi pemakalah pendamping di acara seminar nasional atau regional. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah in-service training program yaitu pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru IPS MTs Kabupaten Malang. Adapun langkah-langkah kegiatan yang ditempuh adalah koordinasi, penyemaian informasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan jika sebagian besar guru-guru IPS Kabupaten Malang belum paham dan menguasai teknik penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah. Selain itu peserta juga menjelaskan jika kesulitan mendasar yang banyak dialami dalam menyusun artikel yaitu merasa sulit ketika mengawali membuat penelitian, karena pada dasarnya penelitian ini akan dijadaikan bahan dalan menyusun artikel. Kesulitan ini berawal dari tidak adanya ide yang akan dituangkan dalam penelitian. Ide tidak muncul karena budaya membaca dan menulis belum menjadi kebiasaan.

 


Keywords


artikel, jurnal, guru IPS

Full Text:

PDF

References


Budiharso, Teguh. 2006. Panduan Lengkap Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gala Ilmu

Hadriyanto, Soleh. 2013. Peningkatan Karier Guru Melalui Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Makalah disampaikan dalam Seminar Upacara Penyerahan Ijazah UT UPBJJ Bandung.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009. Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Tatang, M. Amirin. 2006. Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
email: jpds.journal@um.ac.id

JPDS Indexed By:

          

E-ISSN 2655-2469


Creative Commons License

JPDS is under licensed by CC BY 4.0.

View JPDS Stats