PENGEMBANGAN KAJIAN SEJARAH TEMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SEJARAH TINGKAT MENENGAH ATAS DI BLITAR
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada guru sejarah di Blitar dalam rangka pengembangan bahan ajar sjarah tematik dengan materi sejarah lokal Blitar. Metode pengembangan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, pelaksanaan workshop, dan pendampingan pengembangan bahan ajar. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru-guru sejarah di Blitar yang tertarik dalam pengembangan bahan ajar sejarah tematik. Hasil dari kegiatan ini adalah kumpulan tulisan dari kelompok guru yang dikombinasikan dengan artikel pemateri workshop untuk dipublikasikan dalam bentuk e-book sebagai bahan ajar sejarah tematik di Blitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayundasari, L. 2017. Urgensi Pembelajaran Sejarah Berbasis Potensi Lokal Bahari untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang. Jurnal Sejarah dan Budaya, Tahun Kesebelas, Nomor 2, Desember 2017, hal 211-219.
Azra, A. 2005. Konsep Kesejarahan Kuntowijoyo (Pentingnya Imajinasi, Emosi, Intuisi, dan Estetika Bahasa yang Khas dalam Penulisan Sejarah). Ibda` | Vol. 3 | No. 2 | Jul-Des 2005 |170-177
Azra, A. 1996. Islam di "Negeri Bawah Angin" dalam Masa Perdagangan (Book Review). Jurnal Studia Islamika, Vol. 3, No. 2 1996, pp 191-221
Hastuti, D. 2014. Peningkatan Minat Belajar Sejarah Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbasis Studi Keilmuan Sejarah dan Budaya Batik Lokal Lasem pada Materi
Akulturasi Budaya bagi Siswa Kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Rembang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. Vol 8, No 1
Kartodirdjo, S.2016. Pendekatan Ilmu-ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Khakim, M.N.L. 2019. Telaah Penulisan Karya Sastra sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Budaya, X, No. 1, Juni 2016 (Hal. 89-94)
Sudiartuti, L. 2015. Pengaruh Pembelajaran Sejarah Lokal: “Peristiwa Pertempuran Ciseupan 4 Pebruari 1949” terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol 24, No 1,
Tew, D. J. (2014, June). Pedagogy of Teaching History: Comparing the Chronologic and Thematic Approaches (2014). Diambil dari Digital Commons @ Western Oregon University:
http://digitalcommons.wou.edu/honor_thesis
White, R.M. 1995."How Thematic Teaching Can Transform History Instruction.” Clearing House 68.3 (160-63). Online. Published by: Taylor & Francis, Ltd 2016
Wibowo, T.U.S.H. 2017. Membangun Literasi Sejarah Lokal di Kalangan Siswa melalui Pembelajaran Sejarah Berbasis Keunikan Toponimi Kawasan Banten Lama. The 1st International Conference
on Language, Literature and Teaching. Universitas Muhammadiyah Surakarta, April 4th - 5th 2017
Williams, S. 2016. Teaching History: Effective Teaching for Learning History - Chronological vs. Thematic Approaches to Student Historical Comprehension. Thesis. Dordt College
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p13-18
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Universitas Negeri Malang, under the management of Faculty of Social Science.
Semarang St. No. 5 Building I3, Pos Code: 65145.
Phone. (0341) 551312.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/index
E-ISSN 2655-2469
Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,