Pengembangan Metode Pembelajaran “Rounding Post Material” Untuk Meningkatkan Gairah Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi

Nailariza Umami, Maria Aghata Sri W.H, Alfin Aditya Nugraha

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar pada dasarnya peran guru dalam proses belajar mengajar adalah menciptakan suasana lingkungan yang efektif sehingga kegiatan belajar dapat berjalan sesuai dengan apa yang di harap kan dan hasil belajar juga akan memuaaskan. Pembentukan suasana lingkungan belajar yang mendukung sangatlah penting untuk meningkatkan gairah belajar siswa.Dari berbagai fenomena dan hasil analisis peneliti menemukan beberapa kendala dalam pembelajaran khususnya pada kelas X SMA Jawaahirul hikmah dan juga fenomena khalayak umum dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan suatu metode yang bernama “Rounding Post Material”.Dimana dalam metode ini siswa di beri kebebasan dan kemandirian dalam belajar dengan suasana  aktiv bergerak,interaktif dan komunikatif tetapi tetap dalam pengawsan dan kontroling guru.Sehingga di harpakan bisa meningkatkan gairah belajar siswa. Dalam mengembangkan metode  pembelajaran,tentunya membutuhkan validasi agar bisa mengetahui seberapa layak produk suatu metode yang di kembangkan bisa di pakai khalayak umum .Penliaian Produk Validasi di lakukan Oleh Ahli Metode, Ahli Desain dan Praktisi Pembelajaran.Produk yang akan dibuat dalam penelitian ini berupa RPP,Sintaks dan buku pedoman metode pembelajaran.Penelitian Pengembangan ini mengadaptasi dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE(Analysys,Design,Development,Implementation,Evaluation).Tetapi hanya sampai pada tahap Analysys(analisis),Design(Desain),dan Development(pengembangan) saja.Metode belum di uji cobakan kepada peserta didik di karenakan adanya berbagai pembatasan dari pemerintah dan lembaga sekolah terkait  pandemi Covid-19.Hasil penelitian berdasarkan validasi produk dari para ahli  menunjukan bahwa metode Rounding Post Material ini layak untuk di pergunakan tetapi perlu revisi kecil untuk menjadikan metode ini lebih baik.

 

DOI: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i12022p046

Keywords


Development of Learning Methods, Passion for learning, Rounding Post Material.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JPE (Jurnal Penddidikan Ekonomi) Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.