PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI POGALAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Vera Dilla Oktaviana, Nailariza Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha, 2) Pengaruh Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha, 3) Pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas terhadap  Intensi Berwirausaha.

Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI yang berjumlah 281 siswa. Sampel penelitian adalah 69 siswa yang diambil dengan metode propotional random sampling. Variabel penelitian yaitu Efikasi Diri (X1), Kreativitas (X2), dan Intensi Berwirausaha (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket (kuisioner).

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan : (1) Secara parsial nilai thitung (2,217) > ttabel (1,996) dan tingkat signifikasi 0,030 <  0,050, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Secara parsial thitung (2,128) > ttabel (1,996) dan tingkat signifikasi 0,037 < 0,050, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan. (3) Secara simultan bahwa Fhitung (11,374) > Ftabel 3,14 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,050, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018. Secara keseluruhan efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha sebesar 23,4%, sedangkan sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel dalam penelitian ini.


Keywords


Efikasi Diri, Kreativitas dan Intensi Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior: Organizational Behavior and Human Decision Process 50. Journal of Psychology., pg. 179-211

Arikunto, S. (2013). Proedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Kesejahteraan Rakyat kabupaten Trenggalek.2017. Diperoleh dari: https://trenggalekkab.bps.go.id

Dewi K, Rr. P., & Wibowo, A. (2017) Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri Dan Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 5 (2), 52-67

Hamidi, D.Y., Wennberg K., & Berglund H. (2008). “Creativity in Entreprenurship Education”. Paper of Business Administration. No.4. Pg.1- 26

Judge, T.A, Heller, D, & Mount, M.K. (2002). Five-Factor Model of personality and job Satisfaction: A Meta Analysis. Journal of Applied Psychology.87, (83). 530-541

Manda, A & Iskandarsyah, M. (2012). “Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, dan Efikasi Diri terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala”. Paper of Improving Perfomance by Enviroment. Pg.190-199

Nurhidayah & Purwanto (2014) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2010-2012 Fe UNY. Jurnal online. (https://www.academia.edu/10660500/ Pengaruh_Efikasi_Diri_terhadap_Intensi_Berwirauraha_Mahasiswa_Prodi_Pendidikan_Administrasi_Perkantoran_UNY?auto=download)

Puspitanigsih, F. (2016).Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening Pada Mahasswa STKIP PGRI Trenggalek. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Hal.71-83

Riduwan. (2010). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatuf. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Niat Wirausaha Lulusan SMK. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Vol.6 No2.

Wijaya, T. & Budiman, S. (2013). The Testing Of Entrepreneur Intention Model Of SMK Student in Region Yogyakarta. Global Entrepreneurship, 1-16.

Zampetakis, L. A. et.al. (2011). Creativity and Entrepreneurial Intention in Young People: Empirical Insights from business School Students. Journal of Entrepreneurship and Innovation. 12 (3), 189-199


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Image result for google scholar  Info Jurnal Pendidikan Ekonomi   Info Jurnal Pendidikan Ekonomi    

Flag Counter

 

View My Stats