Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

Rofi’ul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Experiment), dengan nonrandomized control group pretest-postest design. Penelitian eksperimen ini mengkaji dua variabel, yaitu: (1) variabel bebas yaitu penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Subyek penelitian sebanyak 47 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas  eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian (essay). Data gain score dianalisis dengan uji-t untuk membedakan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis dibantu dengan Software SPSS for 16.0 Windows dan dilakukan pada taraf signifikansi 5% (< 0.05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 2-tailed 0,00 sehingga probabilitas (p) < 0,05.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i22017p113


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Geografi.

Full Text:

PDF

References


Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran, Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang Bekerjasama dengan Biro Penerbit Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan.

Exlin, J. 2004. What is Inquiry-based Learning. Educational Broadcasting Corporation. All Right Reservedn. http://www.thirteen.org/edonline /concept2Class/inquiry/, di akses 31 Desember 2012.

Good,L.T & Brophy, J.E. 1997. Educational Psyghology: A Realistic Approach. New York & London: Longman.

Paidi, 2009. Peningkatan Scientific Skill siswa SMA mengembangkan PBL dan Strategi Kognitif Bagi Peningkatan Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Biologi. Laporan Penelitian Pendahuluan Dalam Rangka Penyusunan Disertasi Pada PPS Malang, Yogyakarta: Laporan Penelitian.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran: berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Seniati, Liche; Yulianto, Aries; Setiadi, Bernadette N. 2011. Psikologi Ek-sperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Suryadharma. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktoral Ketenagaan, PMPTK Depdiknas.

Tuniyah. 2010. Penggunaan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Berprestasi siswa. Program Pascasarjana UNS Surakarta.

Paidi. 2009. Penigkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan. Volume 7. No.1, maret 2009.

Wuryaningsih, E. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Solving, Inquiry, Ekspositori terhadap Prestasi Belajar PKn Pada Siswa yang Memiliki Minat Belajar Berbeda. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan. Pascasarjana UNS Surakarta, Volume 8. Nomor 1, maret 2012.

Yager.E.R., Abd-Hamid, N.H., & Akcay, H. 2005. The Effect Of Varied Inquiry Experiences on Teacherr and Student Question and Action in STS Clasroom. Technology and Society Journal. (online). Volume 25, nomor 5 october 2005.P.426-434. http://Bst.Sagepub.com by copyright: Sage Publication, diakses 15 Desember 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                

View My Stats