Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

Rofi’ul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Experiment), dengan nonrandomized control group pretest-postest design. Penelitian eksperimen ini mengkaji dua variabel, yaitu: (1) variabel bebas yaitu penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Subyek penelitian sebanyak 47 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas  eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian (essay). Data gain score dianalisis dengan uji-t untuk membedakan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis dibantu dengan Software SPSS for 16.0 Windows dan dilakukan pada taraf signifikansi 5% (< 0.05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan signifikansi 2-tailed 0,00 sehingga probabilitas (p) < 0,05.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Geografi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v22i2.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter 

          

 

 Creative Commons Licenseshopify site analytics

Jurnal Pendidkan Geografi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 InternationalLicense

View My Stats