Konteks Sosial bagi Suami yang Memahami Pekerjaan Rumah Tangga pada Keluarga TKI Wanita di Desa Dungmanten, Kabupaten Tulungagung

Singgih Susilo

Abstract


Abstrak: Sempitnya kesempatan kerja di Indonesia, salah satunya menyebabkan sebagian tenaga kerja bekerja di luar negeri menjadi TKI. Banyaknya jumlah tenaga kerja wanita yang bekerja di luar negeri memberikan konsekuensi suami memiliki peran ganda yakni sebagai kepala keluarga dan sebagai ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konteks sosial yang melatarbelakangi suami TKIW yang bekerja di luar negeri. Penelitian ini menggunakan perspektif fenomenologi dengan kajian mikro. Perspektif fenomenologi yang digunakan fenomenologi Alfert Schutz. Hasil penelitian konteks yang melatarbelakangi pemahaman suami yang bekerja di rumah tangga adalah tingkat pendidikan rendah. Banyaknya subyek (suami) yang hanya berpendidikan SD sedangkan pendidikan subyek tertinggi adalah SMA. Kondisi lahan pertanian yang kurang menguntungkan, banyaknya jumlah anggota keluarga, dan rendahnya tingkat pendidikan, merupakan salah satu motif sebab subyek mengijinkan istri mereka bekerja menjadi TKI di luar negeri dan subyek menerima tinggal di rumah dan berkewajiban melaksanakan pekerjaan rumah tangga.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v21i12016p063


Keywords


Pemahaman, Tenaga Kerja Wanita, Fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Daulay, Pardamean dan Singgih Susilo, 2010. Mekanisme Survival Rumah Tangga Korban Lumpur Lapindo, Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol 2 September 2010. Jakarta: Univesitas Terbuka.

Hugo, Graeme, J. 1978. Population Mobility in West Java. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kantor Desa Dungmanten. 2014. Monografi Desa.

Schutz, Alfred. 1962. Collected PapersI: The Problem of Social Reality Maurice Natanson, ed. The Hague: Nijhoff.

Susilo, Singgih. 2002. Remitansi dan Kesejahteraan Keluarga (Hubungan Antara Besarnya Remitansi dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga di Daerah Asal, Suatu Kasus TKI di Desa Dungmanten Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Tesis Pasca Sarjana UNAIR.

Ritzer,George.1996. Sociological Theory, Fourt Editor. New York: The McGraw-Companies, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v21i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                 

View My Stats