Minat belajar geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka
Abstract
Geography is one of the oldest branch in natural sciences but people's understanding is still low. This is also evidenced by the results of the national geography examination (UN) of students which are still relatively low compared to the national average. This study aims to determine the learning interest and geography learning difficulties of public high school students in Bangka Regency. This research is quantitative descriptive. The research respondents were all geography teachers in all public high school and 214 students grade XII in 2018. The data collection techniques used were documentation and questionnaires. Documentation is used to obtain data on the number of students who choose geography specialization subjects in 2018 National Examination. Questionnaires are used to obtain data on geography material that is considered difficult by students. In addition, questionnaires are also used to obtain data about material that is difficult and easy to teach by teachers to students. The results showed that the geography learning interest of social studies students in grade XII of the public high school in Bangka Regency was very low. 22.22% of students' interest in geography subjects has been categorized as high, 11.11% are moderate, and 66.67% are very low. Students believe geography material covers very wide area so that they feel very hard to be understood. So that geography teachers better implementing several media and appropriate learning method in order to improve understanding among students.
Geografi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berumur tua namun pemahaman masyarakat masih rendah. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil Ujian Nasional (UN) geografi siswa masih tergolong rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan kesulitan belajar geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian yaitu seluruh guru geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Bangka dan 214 siswa kelas XII IPS di SMA Negeri se-Kabupaten Bangka. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa yang memilih mata pelajaran peminatan geografi dalam UNBK tahun 2018. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai materi geografi yang dianggap sulit oleh siswa. Selain itu angket juga digunakan untuk memperoleh data mengenai materi yang sulit dan mudah diajarkan oleh guru kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari 214 responden hanya 42 siswa yang menyatakan tertarik dengan pembelajaran geografi. Rata-rata siswa menganggap materi geografi terlalu luas dan sulit untuk dipelajari secara mendalam. Berikut ini materi geografi yang dianggap sulit oleh siswa; Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh, Materi yang berhubungan dengan hitungan (skala, jarak, demografi), Litosfer, Geosfer, dan Tatasurya. Materi yang sulit dijelaskan guru kepada siswa adalah; Penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografi (SIG) dan Dasar-dasar geografi. Kendala guru geografi dalam menjelaskan materi adalah kekurangan media pembelajaran yang memadai dan waktu pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Canadian Council for Geographic Education. (2018). Top 10 reasons to study Geography. Retrieved from http://www.cangeoeducation.ca/resources/why_geography/top10.asp
Gilbert M. Grosvenor center for geographic education. Why geography is important. Texas: Judi Behrens.
Darmadi Deddy. (2015). Hubungan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMU Negeri 5 Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi.3 (3) 211-225 ISSN 0000-0000, Retrieved from ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id
Kompas. (2010). Indonesia kekurangan sarjana geografi. Retrieved from http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/12/14034860/Indonesia.Kekurangan.Sarjana.Geografi
Mansfield, Dickson. (2014). Canadian Council for Geographic Education. Ontario: Queen’s University Kingston.
Mansfield, Dicson. (2014). The importance of geography in the school curriculum., Ontario: Faculty of Education, Queen’sUniversity Kingston.
Muflichah, Immawati. (2016). Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MIN kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah. Volume 1, Nomor 1. P-ISSN: 2527-4287- E-ISSN: 2527-6794.
Napitupulu, Hunter. (2017). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
Noviantoro, dkk. (2016). Hubungan minat dan kebiasaan membaca dengan hasil belajar geografi siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 21, Nomor 1. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17977/pg.v21i1.5421.
Sando, Akuin. (2013). Hubungan antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestas belajar siswa. Jurnal Penelitian Geografi. Volume 1, Nomor 6
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumaatmadja, Nursyid. (1996). Metode pengajaran geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Syahrudin, dkk. (2015). Hubungan pemanfaatan media pembelajaran geografi dalam proses pembelajaran dengan minat belajar siswa Kelas X SMA Korpri Banjar Masin. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 2, Nomor 1, Halaman 1-28. e-ISSN : 2356-5225. Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg
Tanamir, Momon Dt. (2016). Hubungan minat terhadap bentuk tes dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar geografi di SMA Negeri Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Curricula. Volume 1, Nomor 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v24i12019p25-33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
JPG Indexed By:
View My Stats