Upaya Penerapan Model Pembelajaran JIGSAW untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan Kabupaten Blitar

Tiya Yuda Hananingsih, Ach. Amirudin, Juarti Juarti

Abstract


Kemampuan siswa untuk belajar geografi berhubungan langsung dengan pemahaman mengenai konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang ada dalam mata pelajaran geografi. JIGSAW merupakan salah satu model pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk belajar dengan cara berkelompok. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk memahami suatu konsep maupun materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi dinamika hidrosfer. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Kademangan dengan jumlah siswa 30. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama dua siklus, setiap siklusnya dilakukan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh peningkatan pemahaman konsep geografi siswa melalui penerapan model pembelajaran JIGSAW. Peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pemahaman awal sebelum tindakan sebesar 72,22, meningkat sebanyak 2,68%, sehingga rata-ratanya menjadi 74,16 pada siklus I. Dari siklus I ke siklus II rata-rata pemahaman konsep meningkat sebanyak 6,29%, sehingga rata-ratanya menjadi 78,83. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu tidak semua siswa cocok belajar dengan penerapan model pembelajaran JIGSAW.  Jadi untuk membuat siswa selalu aktif dan antusias di setiap kegiatan belajar diperlukan variasi model pembelajaran.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i12018p062


Keywords


Pemahaman konsep geografi; model pembelajaran JIGSAW

Full Text:

PDF

References


Firdausy, Vionita. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata pelajaran Geografi Dikelas X Sosial 2 SMAN 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Haryani, Fitri. 2012. Meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep perbandingan fungsi trigonometri melalui model pembelajaran JIGSAW di SMA Negeri 8 kota Jambi. (online),http://unja.ac.id. Diakses pada tanggal 1 Maret 2016.

Purwanto, Edy. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung : ALFABETA.

Shohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: ADITYA MEDIA PUBLISHING.

Tampubolon, Saur. 2013. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Keilmuan.Jakarta: Erlangga.

Tiwan. 2008. Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Bahan Teknik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model JIGSAW. (Online), http ://staff .uny.ac.id. Diakses pada 24 Januari 2016.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

               

View My Stats