Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sebaran Barang Tambang di Kelas Xi IPS 1 SMAN 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2016/2017

Dwi Ambarwati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 di SMAN 2 Probolinggo yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. PTK ini berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam kegiatan pembelajaran, yaitu partisipasi siswa, interaksi antara guru dan siswa, interaksi antar siswa untuk dapat menjawab permasalahan penelitian, dan mendapatkan hasil belajar yang diharapkan baik kognitif, afektif, maupun psikomotor.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing ini dilakukan dengan sintak yaitu merumuskan masalah, membuat hipotesis,mengumpulkan data, menguji hipotesis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran KD menganalisis sebaran tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya telah tuntas bagi siswa kelas XI IPS1 SMAN 2 Probolinggo setelah mendapatkan tindakan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang telah mencapai KKM. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 25%, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 53,57%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 89,28%.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i22017p073


Keywords


Hasil Belajar, keaktifan, Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aris, Agus. 2012. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV. http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/754 diakses 11 April 2017.

L. Donald Duke and Diane L. Schmidt. 2011. The toxics geography exer-cise: students use inquiry to un-cover uses and limits of data in policy analysis. Journal of College Science Teaching. 40.6 (July-August 2011): p30. (online), (http:// search. Proguest. Com) di-akses 11 April 2017.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011 Landasan Psikologi Proses Pen-didikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryadharma. 2008. Strategi Pembelaja-ran dan Pemilihannya. Jakarta; Direktorat Ketenagaan, PMPTK Depdiknas.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Jakar-ta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                

View My Stats