Makna Kontribusi Pendapatan terhadap Kesejahteraan Ekonomi Keluarga bagi Suami TKW pada Rumah Tangga Petani di Daerah Suburban Desa Candirenggo Kabupaten Malang

Singgih Susilo

Abstract


Jenis pekerjaan suami serta penghasilan yang tidak menentu dari suami menjadi salah satu penyebab istri atau wanita bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Selain itu tingkat pendidikan istri yang lebih tinggi menjadikan istri memutuskan untuk bekerja. Penghasilan istri yang bekerja tersebut dapat memberikan kontribusi pada pendapatan rumah tangga. Adanya istri yang bekerja diluar rumah memberikan pemahaman pada suami terkait kedudukan istri dalam rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konteks sosial yang melatar belakangi istri bekerja serta makna istri bagi suami dalam kehidupan berumah tangga. Hasil penelitian menunjukan bahwa konteks sosial yang melatarbelakangi pemahaman suami terhadap istri yang bekerja adalah kondisi sosial ekonomi keluarga yang mayoritas bekerja sebagai petani, serabutan, buruh dan tukang bangunan serta penghasilan suami yang tidak menentu serta pendidikan suami yaitu mayoritas SD sehingga sulit mencari pekerjaan. Sehingga mendorong istri bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Namun, ditemukan dilapangan beberapa istri yang bekerja dikarenakan ingin menyalurkan hobi dan memiliki kesempatan bekerja padahal suami dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga. Adapun istri bekerja karena keterbatasan ekonomi dan memiliki kesempatan kerja merupakan motif sebab (because motive) dan penghasilan istri di luar rumah serta kesenangan istri menjadi motif tujuan (in order to motive). Suami memaknai istri yang bekerja di luar rumah sebagai 1) sumber ekonomi keluarga, 2) pekerja , dan 3) istri bekerja dipahami sebagai teman hidup.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v22i22017p085


Keywords


Makna, Suami, Istri, Rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Berger, Peter. L. 1967. The Sacred Canopy: Elements of a Sociological Theory of Religion. Garden City. New York: Anchor Books.

Fatchan,A. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Jenggala Pustaka Utama.

Hugo, Graeme, J.1978. Population Mobility in West Java. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ihromi,dkk, 1995. Kisah Kehidupan Wanita untuk Mempertahankan Kelestarian Ekonomi Rumah Tangga, Kajian terhadap Wanita Golongan Penghasilan Rendah Menengah. Jakarta: Fakultas Ekonomi, UI.

Kantor Keluarahan Candirenggo. 2014. Data Monografi Keluarahan Candirenggo.

Lee, Everett S. 1975. Suatu Teori Migrasi. Seri Terjemahan No 3. Yogyakarta: Pusat Penelitian Studi Kependudukan UGM.

Mantra, I.B. 1985. Pengantar Studi Demografi. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Ritzer,George, 1996. Sosiological Theory, Fourt Edition. New York: The McGraw Hill Companies, Inc.

Ritzer G, dan Goodman, D. 2005. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media.

Schutz, Alfred. 1962. Collected Papers I: The Problem of Social Reality. Maurice Natanson, ed. The Hague: Nijhoff.

Susilo, Singgih. 2002. Remitansi dan Kesejahteraan Keluarga (Hubungan Antara Besarnya Remitansi dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga di Daerah Asal, Suatu Kasus TKI di Desa Dungmanten Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Tesis Pasca Sarjana UNAIR Surabaya.

--------------------2007. Perebutan Lahan Kerja Wanita Pada Industri Rumah Tangga Di Kabupaten Malang: Suatu Kajian Gender. Malang: LP2M UM (tidak diterbitkan).

Sutinah, 1997. Kerja Rumahan Di Kabupaten Gresik. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Geografi



Free counters!

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,


JPG Indexed By:

                

View My Stats