Comparison Learning Model AIR and TAI Combined With Cognitive Conflict Strategy Againts Active Learning and Concept Understanding
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa smp dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192-202.
Alimuddin, H. 2017. Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Satap Bungoro. Jurnal Histogram Vol. 1 No. 1. Prodi Pendidikan Matematika: STKIP Andi Matappa Pangkep.
Fauzi, A., & Winarti, A. 2015. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1-10.
Marheni, N. L. G., Sujana, I. W., & Putra, D. K. N. S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Mita S, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 3. Prodi Pendidikan Fisika FKIP: UNLAM Banjarmasin.
Mufarridah, dkk. 2013. Upaya Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bahasan Rangkaian Listrik Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains Vol. 3 No. 1. Universitas Negeri Surabaya: Pasca Sarjana Pendidikan Sains.
Mustaqimah. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Dengan Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games-Tournament)TerhadapPemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Jurnal diterbitkan.
Nirawati, N. 2009. Pengaruh Model AIR (Auditory Intellectually Repetition) dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kompetensi Strategi (Strategic Competence) Siswa SMP. Bandung: FMIPA UPI.
Ratnawati, A. 2014. Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif Ap Di Smk Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).
Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. 2019. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.
Ririn. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 3 No. 3. Universitas Cenderawasih.
Sangadji, Etta & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Sardiman, A M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tinungki, G. M. 2015. The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students' Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27-31.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Verawati, N, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Lkm Ceria Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa” Vol. 5 No.1, ISSN 2338-4417. IKIP Mataram.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um047v27i12020p027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dodik Septian Ferdiansyah, Syaad Patmanthara, Ilham Ari Elbaith Zaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
| Research Article Non Research Article |

JPP licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.