Kearifan Lokal Aktivitas Masyarakat Hindu Bali sebagai Sumber Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Usman Alhudawi, Elly Malihah

Abstract


This study aimed to examine the potential of local wisdom in the activities of the Balinese Hindu community in Serdang Bedagai Regency as a learning resource for Pancasila and Citizenship Education (PPKn). Researchers used a qualitative approach to ethnographic research methods. This research was conducted in Pegajahan Village, Pegajahan District, Serdang Bedagai Regency, North Sumatra. The results showed that the value of local wisdom in the activities of the Balinese Hindu community in Pegajahan Village could be contained in learning and strengthened the cultivation of various characters in PPKn learning. The integration of local wisdom values from the activities of the Balinese Hindu community in Pegajahan Village in the PPKn learning activities had the potential to succeed, however, there was an obstacle in its implementation.


Keywords


local wisdom, learning resource, PPKn, character

Full Text:

PDF

References


Alfaqi, M. Z., Shofa, A. M. A., & Habibi, M. M. (2019). Peran Pemuda Dalam Pelestarian Wayang Suket Sebagai Aktualisasi Nilai Moral Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 368–374.

Aly, A. (Januari 2005). Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Pendidikan

Multikultural Sebagai Seni Mengelola Keragaman, Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS) Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Anas, M. (2019). Menyemai Nalar Kebhinnekaan dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan, 4(1), 128–140.

Andreson, I ., & Ulfa, M. (2018). Penerapan Nilai Cinta Tanah Air pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 145–162.

Budimansyah, D., & Suryadi, K. (2008). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: PPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Chotimah, U. dkk. (2018). Pengintegrasian NilaiNilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Civics: Media Kajian

Kewarganegaraan, 15(1), 19–25.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan-Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. (H. P. Soetjipto & S. M.

Soetjipto, Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furqon. (November 2015). Etnopedagogi: Pendekatan Pendidikan Berbudaya dan Membudayakan. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional Pendidikan Berbasisis Pedagogi, Banjarmasin: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Halimah, L. & Anisah. (2018). Internalisasi Nilai Pendidikan Kewarganegaraan Pada Tradisi Pesta Laut Blanakan dalam Rangka Pengembangan Ideal Democratic Citizen. Jurnal Civics: Media Kajian

Kewarganegaraan, 15(2), 148–160.

Hendra., Indawadi, J., & Montessori, M. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 84–94.

Ikhsan, M. A. (2017a). Fiqih HAM dan Hak Kebebasan Beribadah Minoritas Dzimmi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 34–40.

Ikhsan, M. A. (2017b). Nilai-Nilai Cinta Tanah Air dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,

(2), 108–114.

Japar, M., Fadillah, D. N., & Lakshita, G. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Juairiah., Yunus, Y., & Djufri. (2014). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta. Jurnal Biologi Edukasi, 6(2), 83–88.

Komunitas Hindu Bali Serdang Bedagai Menjaga Warisan Pura Dharmaraksaka.

Magribi, A. (Mei 2019). medan.tribunnews.com. https://medan.

tribunnews.com/2019/05/21/komunitashindu-bali-serdangbedagai-menjaga-warisanpura-dharmaraksaka?page=all.

Lubis, M. A. (2019). Pembelajaran PPKn di SD/ MI Kelas Rendah. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk KarakterBangsa Indonesia. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial,

(1), 52–56.

Perangin-angin, R. B. B. (2017). Pengembangan Pembelajaran PPKn Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kompetensi Civic-Skill Mahasiswa Jurusan PPKn Unimed. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu

Sosial, 9(2), 151–160.

Ramdani, E. M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Sikap Religius Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 37–48.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara

Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78 Setiawan, D. (2012). Integrasi dan Identitas Kebangsaan Belajar Budaya Kewarganegaraan. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Sibarani, R. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA., 1(2), 192–203.

Supangat., & Halimi, M. (2017). Pembudayaan Demokrasi Di Pesantren Dalam Mengembangkan Civic Disposition Santri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 75–80.

Suprayekti; dkk. (2009). Pembaharuan Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka.

Sutijo, P. (2010). Pendidikan Pancasila Perspekstif Sejarah Perjuangan Bangsa. Jakarta: Grasindo.

Thamrin, D. (2017). Membuka Ruang Baru Demokrasi. Policing: Peran Forum Warga. Jurnal Keamanan Nasional, 3(1), 63–84.

Totok, T. (2017). Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Peneguhan Masyarakat Multikultural

Indonesia: Prospek di Tengah Desakan Budaya Global. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2), 150-165.

Wahab, A. A. S. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganeraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan: Refleksi HistorisEpistimologis dan Rekonstruk si untuk Masa Depan. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Wiranata, I. R. & M. (2018). Kerukunan Antarumat Beragama Sebagai Dasar City Branding Harmoni Kediri The Service City. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 64–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v5i2p241-251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats