Realisasi Citizenship Education Melalui Program Kampus Merdeka

Agil Nanggala, Karim Suryadi

Abstract


This study aimed to describe the realization of citizenship education in the learning practice of the Kampus Merdeka program and to analyze the involvement of various parties in the effort to realize citizenship education in the Merdeka Campus program. This study applied a qualitative approach with a literature study method carried out through several activities, namely collecting library data, reading and taking notes, and processing information according to the formulation of the problem discussed. The realization of citizenship education in the learning practice of the Kampus Merdeka program was executed through several activities that directly interact with the community, including research, entrepreneurship, humanitarian projects, independent projects, and thematic Real Work Lectures (KKN) or village building. Efforts to realize citizenship education in the Kampus Merdeka program required several parties, namely the government, academia, the community or society, the private sector, and the media.


Keywords


realization, citizenship education, Kampus Merdeka

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M. (2020). Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(1), 121-138.

Arifin, M. (2017). Peran Pemerintah Desa terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan (Studi Kasus Desa Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene). Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi, 2(1), 14-26.

Aulia, S. S., & Arpannudin, I. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Lingkup Sosiokultural Pendidikan Non-Formal. Jurnal Citizenship Education, 3(1), 1-12.

Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik Indonesia 2013. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Fusnika. (2014). Pembinaan Citizenship Disposition Berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 50-57.

Jerome, L. (2012). Service Learning and Active Citizenship Education in England. Education, Citizenship and Social Justice, 7(1), 59-70.

Karliani, E. (2014). Membangun Citizenship Engagement melalui Model Service Learning untuk Memperkuat Karakter Warga Negara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 23(2), 71-78.

Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh, 16(1), 119-136.

Mardawani, & Kurniati, A. (2017). Model Pembinaan Rasa Kebangsaan melalui Citizenship Education pada Masyarakat Entikong Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 41-47.

Mufidah, N. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi dalam Mewujudkan Smart and Good Citizen. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 259-269.

Mukhlish, B. M. (2018). Kolaborasi antara Universitas, Industri dan Pemerintah dalam Meningkatkan Inovasi dan Kesejahteraan Masyarakat: Konsep, Implementasi dan Tantangan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 1(1), 31-43.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen, 9(2), 10-23.

Nasution, A. R. (2019). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 201-212.

Pambudy, A. P., & Syairozi, M. I. (2019). Analisis Peran Belanja Modal dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Dampaknya pada Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 26-39.

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336.

Republik Indonesia. (2015). Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 62.

Rubei, M. A. (2014). Integrasi Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Economic Citizenship (Ekonomi Warga Negara). Jurnal Citizenshipus, 14(2), 54-73.

Setiarsih, A. (2017). Diskursus Pendidikan Kritis (Critical Pedagogy) dalam Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 76-85.

Suardi., Herdiansyah., Herdianty, R., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-29.

Susetiawan, Mulyono, D. C., & Roniardian, M. Y. (2018). Penguatan Peran Warga Masyarakat dalam Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Hasil Pembangunan Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109-118.

Sutrisno, A. (2019). Strategi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi di Era Global Berbasis Pendidikan Ekonomi Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 18-30.

Sutrisno., Sapriya., Komalasari, K., & Rahmad. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Proyek Warga Global dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 155-164.

Tiara, M., & Yarni, M. (2019). Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural di SMA Kota Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 297-302.

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Jenia, A. (2020). Penguatan Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Koperasi Serba Usaha. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 116-125.

Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Citizenships: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 198-202.

Widiono, A., Ifrana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 16(2), 102-107.

Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi melalui Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 9(1), 56-72.

Yuniningsih, T., Darmi, T., & Sulandari, S. (2019). Model Pentahelix dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Semarang. Journal of Public Sector Innovation, 3(2), 84-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i1p68-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats