The Effectiveness of Horticulture Guiding Book for Improving Vocational Skills of Hearing Impairment Childen in SMALB

Dinda Ayu Maulida, Abdul Huda

Abstract


Effectiveness of the Horticulture Cultivation Handbook to Improve Vocational Skills of Hearing Impairment Children at SMALB. This study aims to determine the effectiveness of horticulture cultivation guidebooks to improve vocational skills of hearing impairment children. This research design uses development research. Data were analyzed by the design of one group pretest and posttest, and descriptive. The results showed that the horticulture cultivation manual was effective for improving vocational skills of hearing impairment children.

Keywords


Horticulture Cultivation; Handbook; Vocational Skills; Hearing Impairment

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmiatun, S. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Efendi, M. (2006). Psikopedagogi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawati, R, D. (2014). Pengembangan Buku Panduan Pengemasan Sayur Organik bagi Siswa Tunagrahita Ringan SMALB di SLB PTN Bagian C Lawang, Malang. Skripsi tidak dipublikasi. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun (2016) tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Irawati. (2017). Mengenal Budidaya Tanaman Sayur Organik. Materi disampaikan pada Workshop Budidaya Tanaman di SMALB Kedungkandang Malang pada 16

s.d. 17 Februari 2019. Malang. Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional

Bagi Anak Berkebutuhan Khusus PERAWATAN DAN PERBAIKAN ALAT ELEKTRONIKA.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Revitalisasi Pendidikan Vokasi.

Koran Jakarta. Kurikulum Pendidikan Vokasi Belum Ideal Tahun 2017. (Online), (http:www.koran- jakarta.com), dipublikasikan pada 18 Maret 2017.

Midayanti, N. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018. No. 42/05/Th. XXI. (Online), (http:www.bps.go.id), dipublikasikan pada 07 Mei 2018.

Pracaya. (2006). Bertanam Sayuran Organik di Kebun, Pot, dan Polibag. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sadja’ah, E. (2013). Bina Bicara, Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: PT Refika Aditama.

Sunarjono, H. (2006). Bertanam 30 Jenis Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya.

Supriati, Y & Herliana, E. (2015). 15 Sayuran Organik dalam Pot. Jakarta: Penebar Swadaya.

Uly, Y, A. Menko Darmin: Kurikulum Pendidikan Vokasi Berdasarkan Potensi Tiap Daerah Tahun 2018. (Online), (http:news-okezone-com), dipublikasikan pada 07 Desember 2018. Undang-undang Nomor 20 Tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zulkarnain. (2010) Dasar-dasar Hortikultura. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v6i12019p31-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics