Pengembangan Media Video Senam Irama dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Pada Siswa Tunagrahita

Restu Pangesti, Sudarsini Sudarsini

Abstract


This study aimed at finding a way out of the problem of interest of intellectual disability studentsto follow the rhythmic gymnastics events and the inability of intellectual disability students do a series of gymnastics rhythmic video media. This research was conducted in SDLB Kedungkandang Malang, this researsh was including Dick & Carey research and development. Results of this study was to measure the validity of product of rhythmic gymnastics video media to be used as a medium of learning adaptive physical education. The results of this research showed that the level of validity from the material expert gained 92%, the media experts gained94%, practitioners obtained 92%, and small group test gained the average value 88% with qualification very feasible to be used.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan kurangya minat belajar siswa tunagrahita mengikuti kegiatan senam ritmik dan ketidakmampuan siswa tunagrahita melakukan rangkaian senam ritmik dengan mengembangkan video senam ritmik dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita yang dilaksanakan di SDLB Negeri Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Dick & Carey. Hasil penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat validitas produk media pembelajaran berupa video senam ritmik untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif. Hasil pengembangan menunjukan tingkat validitas yakni, ahli materi mendapat 92%, ahli media memperoleh 94%, praktisi memperoleh 92%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan.


Keywords


media video senam irama; pendidikan jasmani adaptif; tunagrahita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics