Penggunaan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita

Yesi Oktavia Ayu Wulandari, Umi Safiul Ummah, Yudi Tri Harsono

Abstract


The research was aim at describing the students’ ability to write for starters in the second grade of intellectual disability before and after using a flashcard, as well as to analyze the effect of media use the letter cards toward students’ ability to write for starters. This research was usingQuasi Experiment with model One Group – Pre-test – Post-test Design. The results of data analysis wasthe use of flashcards, the ability to write for starters of students categorized as less. Results of the average value of pre-test amounting to 47.After using flashcard, they experiencedan increase of to write for starters ability. Results of the averange value of post-test amounting to 82. Conclusion from the research was the use of flashcard media can improvestudents to write for stater of intellectual disability.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan abilitas menulis permulaan siswa tunagrahita sebelum dan setelah menggunakan kartu huruf, serta menganalisis pengaruh penggunaan kartu huruf terhadap abilitas menulis permulaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain Quasi Experiment dengan model: One Group – Pre-test – Post-test Design. Hasil dari analisis data sebelum menggunakan kartu huruf, abilitas menulis permulaan siswa dikategorikan kurang. Hasil yang rata-rata nilai pre-test sebesar 47. Setelah menggunakan kartu huruf, terjadi peningkatan abilitas menulis permulaan. Hasil rata-rata nilai post-test sebesar 82. Penelitian ini menunjukkan bahwa abilitas menulis permulaan siswa tunagrahita dapat ditingkatkan dengan media kartu huruf.


Keywords


Kartu Huruf; Kemampuan Menulis Permulaan; Siswa Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Asriyani, E. S. N., Kinanthi A., Wahyudi., & Imam S. (2012). Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-10.

Direktorat Pembinaan PK dan LK. (2013) Panduan Remedial Bahasa Indosia Bagi Siswa Dengan Kesulitan Belajar. Jakarta: Kemendiknas.

Djarwanto. (2009). Statistik Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE.

Efendi, M. (2009). Pengantar Psikologi Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Janawati., Desak, P. A., I Nyoman, S., & Nyoman , D. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata Dalam Permainan Domino TerhadapPeningkatanKemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 1-10.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Makmun, A. S. (20070. Psikologi Kependidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Masrup, M. (2012). Kefektifan Pembelajaran Menulis Permulaan Dengan Metode Menabung Kata Dan Metode Selusur (V-A-K-T) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 143-149.

Paramita, A. T. P., Rini. K., & Meter, I. G. (2013). Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 1 Bunutin Bangli. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-10.

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono & Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Saddhono, Kundharu & S.t Y. Slamet. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metose dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wardani, I.G.A.K, Tati Hernawati & Astati. 2007. Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics