PENERAPAN IDENTIFIKASI, ASSESSMEN DAN PEMBELAJARAN PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

H. Ahmad Sofyan, Imam Yowono

Abstract


Implementation of the identification, assessment and learning in inclusive education in South Kalimantan still have constraints experienced. The lack of teacher’s knowledge and absence of guidelines for implementation of identification becomes crucial reason. The method used in this research is qualitative descriptive method. Subject in this research is one teacher and one school principal of Banua Hanyar 8 Banjarmasin that there are children with autism.. The findings of the research (1) how to identify children with autism at SD Banua Hanyar 8 using an instrument developed by DSM IV, the identification is done by teachers to identify children with autism (2) teacher assessment is understood to take the decision in making the learning program. That is done by the teacher in a way children collect data, and then analyzed to be taken into consideration together a program of learning (3) in the learning of children with autism teachers are required to modify the curriculum according to the needs of children with autism (4) constraints experienced by teachers in the identification and assessment of teacher’s understanding of them is not adequate, inclusive education is merely accepts children with special needs. Advice for teachers to continually identify and assessment to design programs and schools are expected to collaborate with experts to conduct training

Penerapan identifikasi, penilaian dan pembelajaran di pendidikan inklusif di Kalimantan Selatan masih memiliki kendala yang dialami. Kurangnya pengetahuan guru dan tidak adanya pedoman pelaksanaan identifikasi menjadi alasan penting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah salah satu guru dan satu kepala sekolah dari Banua Hanyar 8 Banjarmasin dimana terdapat anak autis disekolahan tersebut .. Temuan penelitian (1) bagaimana mengidentifikasi anak autis di SD Banua Hanyar 8 menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh DSM IV , identifikasi yang dilakukan oleh guru untuk mengidentifikasi anak-anak yang autis (2) penilaian guru dipahami untuk mengambil keputusan dalam membuat program pembelajaran. Itu dilakukan oleh guru dengan cara mengumpulkan data dari anak-anak dan kemudian dianalisis untuk dipertimbangkan bersama-sama program pembelajaran (3) dalam pembelajaran dengan anak autis, guru dituntut untuk memodifikasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak-anak autis (4) kendala yang dialami oleh guru dalam mengindentifikasi dan penilaian memahami guru tidak memadai, pendidikan inklusif hanya menerima anak-anak dengan kebutuhan khusus. Saran bagi guru untuk terus mengidentifikasi dan penilaian untuk merancang program dan sekolah diharapkan untuk berkolaborasi dengan para ahli untuk melakukan pelatihan


Keywords


Identifikasi; penilaian; mengajar anak autis

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pendidikan Luar Biasa dan Braillo

Norway, (2005), Menciptakan Kelas Iklusif, Ramah terhadap Peserta Didik: Jakarta, Depdiknas

Fish Jhon & Evan J, (1995), Managing Special

Education, USA Open University Press Buckingham

Hinayat, (2002), Kendala Pendidikan Terpadu

di SMU YPI Bandung, Skripsi, Bandung, Jurusan PLB FIP UPI Bandung

Hermawan Budi, (2001), Teacher Experience

When Teaching and Guiding Pupils with Visual Impairment in Integrated School, Tesis, Norway, Departemen Of special Needs Education Faculty Of Education, University Of Oslo

Jhonsen B.H. &Skjorten MD, (2003), Menuju

Inklusi, Pendidikan Kebutuhan Khusus Sebuah Pengantar, Bandung, Program Pasca Sarjana UPI Bandung

Johnsen, B: (2003), Kurikulum Untuk Plurali-

tas kebutuhan Belajar Individual Artikel dalam johnsen B.H & Skjorten MD Menuju Inklusi, pendidikan kebutuhan khusus Sebuah Pengantar, Bandung, Program pasca Sarjana UPI Bandung

Kartadinata sunaryo, (1996), Kerangka Kerja

Bimbingan dan Konseling Dalam pendidikan (Pendekatan Ekologis Sebagai Suatu Alternatif) Bandung: IKIP Bandung

Mason H & Mc Call, (1997), Visual Impairme-

nt Acces to Education for Children and Young people, London: David Fultron Publishers

Mc Wbir, Anne, (1996), A Message ti Teacher

in Inclusive schools (ed) The Journey to Inclusive schools, UNESCO Published By Inclusion Internasional

Mulyasa, E, (2004), Menjadi Kepala Sekolah

Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, (2004) Manajemen Berbasis seko-

lah, Bandung: Remaja Rosda Karya

Permanarian & Alimin Z, (2005) Reorientasi Pe

mahaman Konsep SpecialEducation ke Konsep Special Needs Education dan Implikasi terhadap Layanan Pendidikan (jurnal),Bandung, Jassi

Raharjo, B, (2003), Manajemen Berbasis Seko

lah, Jakarta: Direktorat tenaga Kependidikan, Dirjen Dikdasmen, Depertemen Pendidikan Nasional

Sarwoko, Thomas (2001 Integrated Education

for Children with Visual Impairment ini Primary Schools Aiming toward Inclusion, Tesis, Norway, Departement Of special Needs education Faculty Of Education, University Of Oslo

Scholl, TG, ( 1986), Foundation of Education

for Blind and visually Handicapped Children and Youth, Teori and Prcatice, New York: American Foundation for Blind, Inc

Skjorten M. (2003) Menuju Inklusi dan Penga-

yaan, Artikel dalam Johsen B.H & Skjorten MD Menuju Inklusi, Pendidikan kebutuhan Khusus sebuah Pengantar, Bandung, Program Pasca Sarjana UPI bandung

Skjorten M. (2003) Reseasrch, handout Perku-

liahan Program magister S2 PLB UPI, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sunanto J, (2003), Konsep Pendidikan Untuk Semua, Bandung, Makalah tidak diterbitkan Jurusan PLB UPI Bandung

Suprayekti, (2003), Interaksi Belajar Mengajar,

Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikdasmen, Departemen pendidikan Nasional

UNESCO, (2001). Understanding and Respo-

nding to Children,s Needs in Inclusive Classrooms, A Guide for Teachers. France: UNESCO.

_____________, (2005), Mengelola Kelas Ink

lusif, dengan Pembelejaranyang Ramah : Jakarta, Depdiknas

_____________, (2005) Merangkul Perbedaan:

Perangkat Untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif, Ramah terhadap Pembelejaran: Jakarta, Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p15-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics