PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA TUNARUNGU

Mei Setiorini,, Abdul Huda, Saichudin Saichudin

Abstract


The research problem is how the results of learning to write sentences before and after the use of the word picture card media, as well as whether there are differences in learning outcomes before and after the use of the word picture card media. The purpose of this study was to determine the learning outcomes of students write sentences before and after the use of the word picture card media, as well as to determine whether there is difference in learning outcomes before and after picture of media use word cards to students' ability to write a sentence. This research used an experimental method "One group pre-test post-test design". The results of the analysis of the data shows the average value of the pre-test is 43, the average value of post-test is 87, and test hypotheses obtained Z = 2.9> 1.96, it concluded there is the influence of media use word cards illustrated on learning outcomes of the ability to write a sentence on students.

Masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui sebelum dan sesudah menulis dengan media kartu gambar kata, dan apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menulis kalimat sebelum dan sesudah penggunaan media kartu gambar kata, serta untuk menentukan apakah ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah gambar penggunaan kartu media kata untuk siswa ‘kemampuan menulis kalimat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen “Satu kelompok pre-test post-test design”. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pre-test adalah 43, nilai rata-rata post-test adalah 87, dan uji hipotesis diperoleh Z = 2,9> 1,96, disimpulkan ada pengaruh penggunaan media kata kartu diilustrasikan pada hasil dari kemampuan menulis kalimat pada siswa belajar.


Keywords


Kartu kata bergambar; menulis; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Eva-

luasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Mana-

jemen Pendidikan Dasar dan Menengan Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2006. Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB-B). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Efendi, Mohammad. 2008. Pengantar Psikope-

dagogik Anak Berkelainan. Malang: PT Bumi Aksara.

Efendi, Mohammad. 2009. Kurikulum dan Pem-

belajaran: Pengantar ke Arah Pemahaman KBK, KTSP dan SBI. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ibrahim, Dkk. 2005. Media Pembelajaran. Ma-

lang: Laboratorium teknologi pendidikan FIP UM.

Mangunsong, Frieda. 1998. Psikologi dan Pen-

didikan Anak Luar Biasa. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana pengukuran dan Penddidikan Psikologi UI.

Nurhadi. 2008. Bagaimana Menulis. Malang:

Malang Press.

Sadiman, S Arief, dkk. 2002. Media Pendidikan

Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Rajagrafindo Persada.

Setyaningsih, Yuyun. 2008. Penggunaan Alat

Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I SDN Ternyang 02 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. UM.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p42-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics