The Guided Inquiry Method on Learning Science for Children with Hearing Impairment

Niky Dewi Karunia Mariana, Ahmad Samawi, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


A guided inquiry method emphasizes the process of searching for and finding the answers to the problem. The purpose of this method is to help students to develop intellectual discipline, use smartphones to facilitate the delivery of material that cannot be explained by theory alone but it needs illustrations. This study uses the quantitative method of one group pretest posttest. Data collection is conducted by observation and interview, then analyzed with Wilcoxon. The results of this study indicated that the value before treatment was 38.14 and after giving the treatment was 83. The conclusion is that there is effect of using the guided inquiry method through the use of smartphones on the outcomes of learning science.

Keywords


Guided Inquiry Method; Smartphone Utilization; Science Learning Outcomes

References


Azmi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pop-Up Mata Pelajaran IPA Untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB B di Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Mahasiswa TP, 4(1). Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/

Busran, B., & Fitriyah, F. (2015). Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar membaca Pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android (Studi Kasus: Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra Padang Selatan. Jurnal TeknoIf, 3(1). Diunduh dari http://ejournal.itp.ac.id/index.php/tinformatika/article/download/255/252

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1). Diunduh dari http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/512/304

Effendi, Diana. (2014). Program Aplikasi Pembelajaran IPA MAteri Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa Kelas V SDLB Bagian B (Tuna Rungu) Berbasis Multimedia. Jurnal ini disajikan dalam Seminar Nasional dan ExpoTeknik Elektro, Jurusan study Sistem Informatika, Bandung. Diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Diana_Effendi/publication/

Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/104179-ID-pengembangan-media-pembelajaran-ipa-fisi.pdf

Ferawati, Y. (2015). Pembelajaran tari kreasi Bungong jeumpa pada anak tunarungu Di SLB Negeri Semarang. Jurnal Seni Tari, 4(1). Diunduh dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjlguzS0q_dAhWKK48KHag7Dn0QFjAAegQIAxAC&url=https%3A%2F%2Fjournal.unnes.ac.id

Handariyati, R. (2006). Dinamika Pengasuhan Orangtua Tunarungu Yang Memiliki Aanak Berpendengaran Normal. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fpsi Unair

Hifni, M., & Turnip, B. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9-16. Diunduh dari jurnal.unimed.ac.id

Isa, A., Sutikno & Wahyudin. (2016). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1). Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id

Linawati, R. (2012). Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Pembelajaran Berbahasa Pada Anak Tunarungu di Kelas Persiapan SLB Negeri Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 1(2). Diunduh dari http://lib.unnes.ac.id/18748/1/1601408034.pdf

Noermasasi, Y.A. (2016). Pengaruh Metode Maternal Reflektif Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu kelas 2 di SDLB Negeri Purworejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM

Poedjiastoeti, S., & Liliasari, L. (2016). Pembelajaran Kimia Berbantuan Multimedia untuk Siswa Tunarungu SMALB-B. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1). Diunduh dari http://scholar.google.co.id/

Rahmah, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Aktifitas Kehidupan Siswa (Studi Kasus MAN 1 Rengat Barat). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-12. Diunduh dari https://media.neliti.com/

Safitri, I & Rohani. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam MengerjakanTugas Mata Pelajaran IPA. Diunduh dari http://scholar.google.co.id/scholar_url

Sofiani, E. (2011). Pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis. Diunduh dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1468/1/101069-ERLINA%20SOFIANI-FITK.pdf

Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja: Rosdakarya Ofset

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya “pendampingan dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dinia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan (pp. 130-138). Diunduh dari http://semnas.fkip.umpo.ac.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics