Strengthening Gross Motor Skill of Children with Intellectual Disability Using Circuit Training

Desi Chuluqi Fitri, Sopingi Sopingi, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


The aim of this research is to identify the effect of Circuit Training towards gross motor skills on children with moderate intellectual disability in SDLBN Kedungkandang Malang. The research implements Single Subject Research design type A-B-A. The subject of this research is children with moderate intellectual disability, and data collection is conducted for 18 sessions. The results of the research show that there is an effect in the use of Circuit Training on gross motor skill of children with intellectual disability with an overlap close to 0%. It is concluded that Circuit Training affects gross motor skills on children with intellectual disability.

Keywords


Intellectual Disability; Circuit Training; Gross Motor Skill

Full Text:

PDF

References


Allen E. 2010. Profil Perkembangan Anak. Edisi Kelima. Jakarta. PT Indeks.

Ambarwati N.M.R. 2015. Pengaruh Latihan Circuit dan Cross Country Terhadap Vo2max.Jurnal Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung: Bandar Lampung

Asis A.R 2015. Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kategori Ringan di SDLB Negeri Pembina Giwangan Umbulharjo Yogyakarta, skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan: UNY

Elba A.R. 2015. Pengaruh Latihan Sirkuit (Circuit Training) Terhadap Peningkatan Power Lengan, Power Tungkai, Kelincahan, Dan Daya Tahan Aerobik (Vo2 Max) Dalam Cabang Olahraga Bulutangkis Pada Siswa Putra Kelas Xi Smk Trisakti Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung: Bandar Lampung

Gustiana A.D.. 2011. Pengaruh Modifikasi terhadap kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Upi, Edisi Khusus, No 2.

Hakim A.R. 2015. Pengaruh Keseimbangan dan Tingkat Usia Anak Tunagrahita Mampu Didik Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Ilmiah Penjas,ISSN:2442-3874 Vol.1

Nossek, Josef.1982. General Theory Of Training. National Institute For Sports:Logos

Rahantoknam E. (1988). Belajar Motorik: Teori dan Aplikasinya Dalam Pendidikan jasmani dan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ramadhani Ardi Pratiwi, 2016, Pengaruh Latihan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Putri Kelas V SD Negeri 7 Merak Batin Lampung Selatan, skripsi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan program studi pendidikan jasmani dan kesehatan: Bandar Lampung

Somantri, S. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung :Refika Aditama.

Handayani S.M, 2015, Pengaruh Permainan Fungsional Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Kota Malang, skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang: Malang

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan : Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga

Ma’mun A. & Saputra Y.M. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Yogyakarta: Depdikbud.

Mangunsong F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jilid Kesatu edisi Kedua (revisi). Depok Universitas Indonesia: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi

Mohammad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutohir T.C. & Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta:Depdikbud RI

Sumosardjono & Sadoso, 1996, pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga 2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyanto & Sudjarwo.1992. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan.

Sunanto J. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: Universitas pendidikan Indonesia.

Suyati. 1995. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dirjen Dikdasmen. Jakarta.

UU RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. CV. Karina: Surabaya

Wantah M.J. 2007. Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Widiati S. , dkk (2007). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Adaptif. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics