DEVELOPMENT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BASED LEARNING MATERIALS TO FACILITATE STUDENTS IN IMPROVING CRITICAL THINKING ABILITY IN REDOX AND ELECTRO CHEMICAL TOPICS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, F. N. (2011). Identifikasi Pemahaman Konseptual Siswa Kelas XII IPA-1 dan XII IPA-2 SMA Negeri 6 Malang Tahun Ajaran 2010/2011 pada Materi Aplikasi Reaksi Redoks dan Elektrokimia dalam Kehidupan Sehari-hari [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/kimia/article/view/12629
Cook, M. (2008). Students’ Comprehension of Science Concepts Depicted in Textbook Illustrations. Electronic Journal of Science Education, 12(1), 3954.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.
Ennis, R. . (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Aboloties. University of Illinois.
Fatmawati, L. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektrokimia untuk Siswa SMA Kelas XII IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.
Haryani, S., Prasetya, A. T., & Saptarini. (2014). Pendamping Kimia Pendidikan Isbn : 979363174-0 Seminar Kimia Danpendidikan Kimia 43 Isbn : 979363174-0 Isbn : 979363174-0. 43–52.
Hasanah, U. & A. (2006). Pengembangan Bahan Ajar Contextual Teaxhing and Learning (CTL) Berbantuan Media Komputasi Hyperchem pad Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 3(2), 309–312. http://ejournal.pkpsmikipmataram.org
Jansoonn, N., Coll, R, K., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4(2), 147–168. https://www.pegem.net/dosyalar/dokuman/138329-2013123110149-4.pdf
Jatnika, A. . (2007). Tingkat Keterbacaan Wacana sains dengan Teknik Klos. Jurnal Sosioteknologi, 10(6), 192–200.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching & learning: menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna (2nd ed.). Bandung, MLC.
Liliasari. (1995). Kimia 1: Untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1 Program IPA. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mitra, B., Lewin-Jones, J., Barrett, H., &, & Williamson, S. (2010). “The use of video to enable deep learning.” Research in Post-Compulsory Education, 15(4), 405–414. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13596748.2010.526802
Nabila, F. M., & Gani A., H. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(2), 1310–1316. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/1223
Nadi, C. Y., Setyowati, W. A. E., & Saputro, S. (2016). Pengaruh Metode Problem Solving Secara Algoritmik Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mia Di Sma N 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 125–133.
Noviana, K. &. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(2), 389–396. https://media.neliti.com/media/publications/258351-penerapan-kurikulum-2013-dalam-meningkat-5f734270.pdf
Riduwan, M. B. . (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Susanti, A. (2011). Pembelajaran Kimia dengan Menggunakan pendekatan CTL melalui eksperimen dan pemberian tugas ditinjau dari motivasi berprestasi dan kreativitas siswa [UNS]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/21729/Pembelajaran-kimia-dengan-menggunakan-pendekatan-ctl-melalui-metode-eksperimen-dan-pemberian-tugas-ditinjau-dari-motivasi-berprestasi-dan-kreativitas-siswa
Syamsi, K., Sari, E. S., & Pujiono, S. (2013). Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses bagi Siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 82–90. http://journal.uny.ac.id
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. . (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Indiana University.
Ziana, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks dan Elektrokimia berbasis Learning Cycle 5E Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Universitas Negeri Malang
Refbacks
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats