DESKRIPSI KETERAMPILAN GURU FISIKA SMA NEGERI 1 JAYAPURA DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS XI IPA

Albert Lumbu, Auldry F. Walukow, Florentina Maria Panda

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keterlaksanaan keterampilan guru Fisika dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains (KPS) di Kelas XI IPA SMAN 1 Jayapura. Dalam setiap Kompetensi Dasar (KD), KPS diukur berdasarkan sepuluh aspek, yaitu 1) Mengamati (observasi); 2) Mengelompokan (Klasifikasi); 3) Menafsirkan (Inter-pretasi); 4) Meramalkan (Prediksi); 5) Mengajukan pertanyaan; 6) Berhipotesis; 7) Merencanakan Percobaan; 8) Menggunakan alat/bahan; 9) Menerapkan konsep; dan 10) Mengkomunikasikan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan  studi kasus. Instrumen yang digunakan yaitu (a) Kuesioner, (b) Observasi, dan (c) Penilaian Dokumen. Berdasarkan hasil (a) kuesioner, keterlaksanaan keterampilan guru Fisika dalam menerapkan KPS pada aspek 1) dan 2), dilakukan hanya pada sebagian besar KD; pada aspek 3), 4), dan 5), dilakukan pada sebagian kecil KD; pada aspek 6) dan 7), dilakukan hanya 1/2 KD; pada aspek 8) dan 9), dilakukan hanya sebagian besar KD; dan pada aspek 10), selalu dilakukan pada setiap KD. Berdasarkan (b) hasil observasi dan (c) penilaian dokumen, keterlaksanaan kompetensi guru Fisika dalam menerapkan KPS pada aspek 1) dan 2), dilakukan pada sebagian besar KD; pada aspek 3), 4), dan 5), dilakukan pada sebagian kecil KD; pada aspek 6) dan 7), dilakukan hanya 1 atau 2 KD; dan aspek 8), 9), dan 10), dilakukan pada sebagian besar KD.


Full Text:

PDF

References


Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1): 1-13.

Iskandar, D. 2009. Dalam Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Iskandar. 2008. Dalam Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kim, M., & Chin, C. 2008. Pre-Service Teachers’ Views On Practical Work With Inquiry Orientation In Textbook-Oriented Science Classrooms. International Journal of Environmental & Science Education, 6(1): 23-37.

Liliasari, & Tawil, M. 2014. Dalam Keterampilan Proses Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Marnita. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Tesis tidak Diterbitkan. Jayapura: Universitas Universitas Cendrawasih.

Sugiono. 2016. Dalam Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiwin A., Slamet S., & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal FKIP UNS, 5 (1): 84-93.

Zulfatin, V. L. 2014. Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Kegiatan Praktikum Materi Elastisitas Yang Dinilai Menggunakan Penilaian Kinerja. Disertasi tidak Diterbitkan. Jayapura: Program Pasca Sarjana Universitas Cendrawasih.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i2p13-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats