Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor

Handy Faishal Rahim, Agus Suyudi, Dwi Haryoto

Abstract


Tujuan pada penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor pada kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest–Posttest Control Group Design. Pengetahuan awal siswa dan hasil belajar siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (6,683) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi 0,05. Ditinjau dari rerata nilai posttest untuk kelas eksperimen (93,34) lebih tinggi daripada rerata kelas kontrol (85,97). Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


V. S. Andrini, “The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review,” J. Educ. Pract., vol. 7, no. 3, pp. 38–42, 2016.

W. Arisanti, W. Sopandi, and A. Widodo, “Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning,” J. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, 2016.

K. Pratiwi, N. Wijayanti, F. Mahatmanti, and Marsudi, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, pp. 2337–2348, 2019.

Ganeswati, “Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Menerapkan Konsep Besaran dan Satuan pada Peserta didik Kelas X TKJ 3 SMK Negeri I Kademangan,” J. Pendidik. Ris. Konseptual, vol. 3, no. 3, pp. 261–267, 2019.

R. Wahyuni, Hikmawati, and M. Taufik, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017,” J. Pendidik. Fis., vol. II, no. 4, pp. 164–169, 2017.

A. R. AL Haj and T. Tampubolon, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Semester Ii Sma N 1 Selesai T. P 2014/2015,” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 2, 2016.

S. Avsec and S. Kocijancic, “Effectiveness of Inquiry-Based Learning: How do Middle School Students Learn to Maximise the Efficacy of a Water Turbine?,” Int. J. Eng. Educ., vol. 30, no. 6, pp. 1436–1449, 2014.

Z. Arsal, “The impact of inquiry-based learning on the critical thinking dispositions of pre-service science teachers,” Int. J. Sci. Educ., vol. 39, no. 10, pp. 1326–1338, 2017.

E. Lovisia, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar,” SPEJ (Science Phys. Educ. Journal), vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2018.

Nurfausiah and Suhardiman, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar,” J. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 10–13, 2016.

Karyatin, “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII - 4 di SMPN 1 Probolinggo,” vol. 1, pp. 178–186, 2013.

Z. Bayram, Ö. Ö. Oskay, E. Erdem, S. D. Özgür, and Ş. Şen, “Effect of Inquiry based Learning Method on Students’ Motivation,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 106, pp. 988–996, 2013.

W. Hosnah, Sudarti, and Subiki, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 190–195, 2017.

Muliana, S. Sari, and J. Pantandean, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Polewali,” J. Sains dan Pendidik. Fis., vol. 14, no. 2, pp. 37–43, 2018.

L. Nurmayani, A. Doyan, and N. N. Verawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, pp. 23–28, 2018.

E. Pertiwi, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 3 Gowa,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, pp. 129–138, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: