Pengembangan M-Learning Physics for Fun Berbasis Android pada Materi Listrik Statis untuk Siswa SMA/MA

Nunung Intan Sari, Sulur Sulur, Nugroho Adi Pramono

Abstract


Berdasarkan Hasil Ujian Nasional 2018/2029 pencapaian materi listrik statis tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh sumber belajar yang hanya menggunakan buku teks saja, sehingga membuat siswa kurang memahami konsep-konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan M-Learning Physics For Fun berbasis android materi listrik statis untuk siswa SMA/MA.  Desain penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian, yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation, namun hanya dilaksanakan sampai tahap keempat yaitu Implementation. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai perhitungan rata-rata 3,70. Hal tersebut menyatakan bahwa M-Learning Physics For Fun berbasis android termasuk dalam kategori sangat valid (layak) dan dapat digunakan sebagai pendukung siswa dalam belajar secara mandiri.

Keywords


Media pembelajaran, M-learning, android, materi listrik statis

Full Text:

PDF

References


S. Ratnaningsih, “Scientific Approach of 2013 Curriculum: Teachers Implementation in English Language Teaching,” English Rev. J. English Educ., vol. 6, no. 1, p. 33, 2018.

M. Sidiq, “Media Pembelajaran Matematika Menyongsong Industry 4 . 0 : Tinjauan literatur sistematis untuk analisis kebutuhan Media Pembelajaran Matematika Menyongsong Industry 4 . 0 : Tinjauan literatur sistematis untuk analisis kebutuhan Abstrak pertama kali dikemu,” no. January, 2019.

Kemendikbud, "Standar Proses" Permendikbud No.65, Jakarta, 2013.

W. I. Puspita, Sutopo, and L. Yuliati, “Interactive Demonstration Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Fluida Siswa SMA Kelas XI,” Pros. Semin. Pendidik. IPA, vol. 2, pp. 333–339, 2017.

W. Arisanti, W. Sopandi, and A. Widodo, “Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning,” J. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, 2016.

B. A. Syukroyanti and W. Putrayadi, “Pengembangan media animasi dengan aplikasi makromedia flash pada materi listrik statis,” J. Ilm. Pendidik. Fis. “Lensa,” vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2017.

M. R. L. Alhafidz and A. Haryono, “Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi,” vol. 11, no. 2, pp. 118–124, 2018.

M. B. Arif, “Model pembelajaran ICT Literacy M-Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs.Brawijaya Mojokerto,” J. Ilm. Pendidik. Agama Islam, vol. 6 No.2, pp. 113–122, 2015.

Matsun,dkk, "Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis AAndroid di Program Studi Pendidikan," Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, vol 9 no.1, hal.99-107, 2018.

M. Hafidz, V. Serevina, and H. Permana, “Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/ Volume IV, Oktober 2015,” vol. IV, pp. 197–200, 2015.

Ngussa, B., M, " Application of ADDIE Model ofInstruction in Teaching-Learning Transaction among Teacghers of Mara Conference Adventist Secondary School," Journal of Education and Practice, 5(25), 1-11. ISSN: 2222-288X, 2014.

Sudjana, "Metode Statistika," Tarsito, Bandung, 2011

I. M. Astra, “Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 18, no. 2, p. 174, 2018.

G. Amirullah and R. Hardinata, “Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran,” JKKP (Jurnal Kesejaht. Kel. dan Pendidikan), vol. 4, no. 02, p. 97, 2017.

E. M. Rahmawati and Mukminan, “Pengembangan M-Learning untuk Mendukung Kmandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi,” Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 50–64, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p13-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: