Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA/MA

Dwi Kurnia Wati, Edi Supriana, Sulur Sulur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengatahui kelayakan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback pada materi gerak lurus kelas X SMA. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Four-D, namun hanya dilaksanakan sampai tahap ketiga yaitu   uji coba terbatas.  E-book yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis web yang menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan dilengkapi latihan soal multi representasi dengan corrective feedback. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang telah dikembangkan memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata validasi materi 3,90 dan validasi media 3,86. Dari uji kepraktisan produk memperoleh kriteria praktis dengan persentase 97,3%. Dengan demikian produk tersebut telah berhasil dikembangkan dan layak digunakan oleh siswa.

Keywords


e-book, multi representasi, corrective feedback, gerak lurus

Full Text:

PDF

References


Soong, B., Mercer, N., & Er, S. S. 2009. Students’ Difficulties When Solving Physics Problems: Results from an ICT-infused Revision Intervension. Proceedings of the 17th International Conference on Computer in Education, 361-365.

Istyowati, A., Kusairi, S., Handayanto, S.K. 2017. Analisis Pembelajaran dan Kesulitan Siswa SMA Kelas Xi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Prosiding Seminar Nasional III PSLK, 1(1), 237-243.

Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. (Online), (https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/)

Ditjen Dikdasmen. 2019. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Artiawati, P.R., Muliyani, R., Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier- Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(1), 13-15.

Mi’rojiyah, F.L. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Pros Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol 1., 2016, ISBN: 978-602-9286-21-2.

Tsui, C.Y., & Treagust, D.F. (2013). Introduction to Multiple Representations: Their Importance in Biology and Biological Education. Models and Modeling in Science Education 7, DOI 10.1007/978-94-007-4192-8_1.

Kohl, P.B, D. Rosengrant and ND. Finkelstein. (2007). Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 3, 010108.

Wasiran, Yulianto. (2017). Pengaruh Corrective Feedback Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Self-Eficacy Siswa Setelah Mengontrol Kemampuan Awal Matematika. Wahana Didaktika. Vol 15 (1), 137-155.

Novanti, Djudin & Arsyid. 2016. Pengaruh Pemberian Corrective Feedback pada Pekerjaan Rumah Terhadap Kemampuan Menyelesaikaan Soal-Soal Termodinamika. Jurnal Fisika UNTAN. 1(1): 1-12.

Sugianto, D., dkk. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, IX(2), 101-116.

Marsiyamsih, Fadiawati, N., Tania, L. (2015). Pengembangan E-Book Berbasis Multipel Representasi Pada Bahasan Klasifikasi Materi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 732-743.

Thiagarajan, S., dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Indiana University Bloomington, Indiana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p34-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: