Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Usaha dan Energi Siswa SMA dengan Pembelajaran Inquiry

Sifatus Sholikah, Eny Latifah, Sutopo Sutopo

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa yang diimplementasikan dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.  Pembelajaran fisika khususnya materi usaha dan energi hendaknya menjadi agen pendongkrak kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian dilakukan penelitian yang  bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemecahan masalah usaha dan energi siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inquiry dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah penelitian pada kelas eksperimen (inquiry) dan kelas control (direct instruction). Pretest digunakan sebagai data awal siswa dan posttes setelah pembelajaran digunakan sebagai data untuk uji beda menggunakan  ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah usaha dan energi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan kelas yang menggunakan model direct instruction. Kemampuan pemecahan masalah usaha dan energi siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran Inquiry. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Keywords


pembelajaran Inquiry; pemecahan masalah; usaha dan energi.

Full Text:

PDF

References


A. P. Pratamawita, Z. K. Prasetyo, and A. Satriana, “The Effect of Problem Based Learning (PBL) on Critical Thinking and Problem Solving Skills of MAN Yogyakarta 1Students,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2017.

H. P. Rivai and L. Yuliati, “Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 8, pp. 1080–1088, 2018.

J. Doctor and K. Heller, Robust Assessment Instrument for Student Problem Solving, University of Minnesota, 2009.

M. G. Jatisunda, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual,” J. THEOREMS, vol. 1, no. 1, pp. 35–44, 2016.

Czuk, Chris, and C. Henderson, “Strategies for the Development of - Student Problem Solving Skills in the High School Physics Classroom,” Am. J. Physics, vol. 59, no. 10, pp. 891–897, 2005.

I. Muslim, A. Halim, and R. Safitri, “Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 3, no. 2, pp. 35–50, 2015.

F. Adeoye, “Effect of Problem Solving Skill and Cooperative Learning Strategies on Senior Secondary School Student’s Achievement in Physics,” J. Theory Pract. Educ., vol. 1, no. 6, pp. 235–266, 2011.

L. Ding, N. Reay, A. Leea, and L. Bao, “Exploring The Role of Conceptual Scaffolding in Solving Synthesis Problems,” Phys. Rev. Spec. Top. Phys. Educ. Res., vol. 7, no. 02, 2011.

J. Tuminaro and E. Redish, “Elements of A Cognitive Model of Physics Problem Solving: Epistemic Games,” Phys. Rev. Phys. Educ. Res., vol. 3, no. 2, p. 22, 2007.

I. Idawati, M. Muhardjito, and L. Yuliati, “Authentic Learning Berbasis Inquiry dalam Program Stem terhadap Literasi Saintifik Siswa Berdasarkan Tingkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, Pengemb., vol. 4, no. 9, 2019.

S. Dalaklioglu, N. Demirci, and A. Sekercioglu, “Eleventh Grade Students Difficulties and Misconceptions About Energy and Momentum Concepts,” Int. J. New Trends Educ. Their Implic., vol. 6, no. 1, pp. 13–21, 2015.

C. Gormally, P. Brickman, B. Hallar, and N. Armstrong, “Effects of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence,” Int. J. Scholarsh. Teach. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 32–43, 2015.

A. Widowati, S. Nurohman, and P. Anjarsari, “Developing Science Learning Material with Authentic Inquiry Learning Approach to Improve Problem Solving and Scientific Attitude,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 6, no. 1, pp. 32–40, 2017.

J. W. Creswell, Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc, 2012.

J. Doctor et al., “Assessing Student Written with Application to Introductory Physics,” Phys. Rev. Spec. Top. Educ. Res., vol. 12, no. 1, pp. 01-10, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i1p53-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sifatus Sholikah, Eny Latifah, Sutopo Sutopo



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: